POLA PENGASUHAN OLEH POLISI WANITA (Studi Deskriptif mengenai Pola Pengasuhan Anak oleh Polisi Wanita (POLWAN) di Surabaya)

FARA RAISSA PUTRI, 070810645 (2013) POLA PENGASUHAN OLEH POLISI WANITA (Studi Deskriptif mengenai Pola Pengasuhan Anak oleh Polisi Wanita (POLWAN) di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-putrifarar-26136-8.abstr-k.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-putrifarar-26136-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pola pengasuhan anak polwan merupakan sesuatu yang unik, sebab anak dibesarkan oleh sosok ibu yang memiliki sedikit waktu luang untuk anak-anaknya. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menjelaskan masalah secara deskriptif. Dari hasil analisis data pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan tentang pola pengasuhan. Latar belakang pekerjaan informan sebagai polisi dan pengasuhan berdasarkan daerah asal dapat mempengaruhi pola pengasuhan. Dilihat dari gaya pengasuhan yang peneliti peroleh dari hasil wawancara, peneliti menyimpulkan bahwa lima dari enam informan menerapkan gaya pengasuhan otoritatif, yaitu mendorong anak untuk mandiri namun masih menerapkan batas dan kendali pada tindakan mereka. Sementara itu, satu informan menerapkan pola pengasuhan otoritarian, yaitu gaya yang membatasi dan menghukum, dimana orang tua mendesak anak untuk mengikuti arahan mereka dan menghormati pekerjaan dan upaya mereka. Pendidikan bagi para informan merupakan hal yang sangat penting bagi anak yang berkaitan dengan masa depan mereka. Pendidikan yang lebih diutamakan dan diberikan sejak dini adalah pendidikan agama. Relasi antara informan dengan suami dapat dikomunikasikan dalam membina suatu keluarga. Bagi para informan, persepsi gender merupakan kesetaraan gender. Jadi antara laki-laki dan perempuan sama saja dalam hal kesempatan untuk bekerja, memperoleh pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS ANT . 05 13 Put p
Uncontrolled Keywords: Policewomen, Patterns of Child Care, Education in Children
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
FARA RAISSA PUTRI, 070810645UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPinky Saptandari, Dr., EP., Dra., MaUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Jul 2013 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16193
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item