TOKO MAYANTARA PERDAGANGAN ONLINE PADA PENGGUNA SITUS TOKOBAGUS.COM DALAM PERSPEKTIF TEKNOEKONOMI

WAHYU AJI CAHYA ROMADHON, 070917041 (2013) TOKO MAYANTARA PERDAGANGAN ONLINE PADA PENGGUNA SITUS TOKOBAGUS.COM DALAM PERSPEKTIF TEKNOEKONOMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-romadhonwa-26215-8.abstr-k.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16197.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi informasi saat ini telah membentuk suatu budaya baru berbasis internet (cyberculture). Kemudahan yang ditawarkan oleh internet berimbas pada pengguna internet yang terus bertambah seiring berjalannya waktu. Penggunaan internet telah berhasil menyentuh bidang perekonomian terutama menyangkut hal jual-beli. Perdagangan dapat dilakukan dengan cara yang begitu cepat dan mudah dengan penggunaan teknologi internet. Toko yang nyata kini nampak bergeser ke arah toko mayantara, dengan memiliki email seseorang sudah bisa memiliki toko mayantara dengan lahan berjualan berupa situs. Salah satu dari sekian banyak toko mayantara yang dapat dijumpai saat ini adalah situs Tokobagus.com. Situs Tokobagus.com merupakan situs jual-beli terbesar di Indonesia, dengan jumlah member lebih dari 2,5 juta di tahun 2012. Motivasi seseorang bergabung ke dalam situs Tokobagus.com kemudian dianalisis dengan menggunakan teori uses and gratification. Setelah mengetahui motivasi seseorang bergabung ke dalam komunitas, kemudian akan dipelajari bagaimana bentuk interaksi yang terjadi antara pengguna situs Tokobagus.com menggunakan teori interaksi sosial Soerjono Soekanto. Adanya interaksi sosial melahirkan kepercayaan pengguna yang kemudian dipahami dengan menggunakan teori modal sosial dari Putnam dan Fukuyama. Hingga permasalahan kemudian mengerucut pada kepercayaan bertransaksi dan modal sosial didalamnya. Kemudian dianalisis kembali menggunakan teori teknoekonomi David Kaplan dan Albert Manners. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk memahami fenomena perdagangan online pada pengguna situs Tokobagus.com. Hasil penelitian adalah, diketahuinya proses jual-beli yang begitu mudah dan praktis dengan model perdagangan setengah online dan full online. Diketahuinya interaksi sosial pada pengguna situs yang berupa asosiatif (hubungan dagang, pertemanan, relasi bisnis) dan disosiatif (pertikaian, konflik). Interaksi sosial kemudian memunculkan suatu hubungan timbal-balik yang membentuk modal sosial yang salah satu unsurnya adalah kepercayan antar pengguna situs dalam melakukan transaksi jual-beli. Selanjutnya pada fenomena jual-beli melalui situs Tokobagus.com, dimana penggunaan teknologi internet telah memunculkan sisi sosial-budaya. Sisi sosial-budaya meliputi segala bentuk hubungan antara pengguna situs Tokobagus.com, serta konsekuensi yang didapatkan akibat hubungan tersebut. Proses jual-beli pada masyarakat kini mulai bergeser ke arah perdagangan online. Perdagangan pada situs Tokobagus.com telah berhasil memasuki tujuh unsur kebudayaan Koentjaraningrat dengan adaptasi yang baik, salah satu unsur yang menonjol adalah unsur ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS ANT . 10 13 Rom t
Uncontrolled Keywords: internet, trade, online, social interaction, technoeconomic, Tokobagus site
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3842-3862 Trade regulations. Control of trade practices
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU AJI CAHYA ROMADHON, 070917041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio SantosoUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 30 Jul 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16197
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item