PERSEPSI MAAHASISWA TERHADAP FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Strata Satu (SI) Universitas Airlangga Surabaya)

SHINTA SISCA ZURAIDA, 070916113 (2011) PERSEPSI MAAHASISWA TERHADAP FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Strata Satu (SI) Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK/FULLTEXT NOT AVAILABLE)
gdlhub-gdl-s1-2013-zuraidashi-27972-Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan jantung dari sebuah perguruall tinggi. Sebagai sebuah jantung pendidikan, perpustakaan perguruan tinggl seharusnya mampu menggerakkan dan mengaliri semua proses beJajar menga1ar di perguruan tinggi. Fenomena yang berkembang saat ini menempatkan perpustakaan pad a satu dilema yang besar, yaitu perpustakaan hanyalah sebagai sebuah tempat untuk menyimpan buku. Dengan kata lain perpustakaan dipandang sebagai gudang buku. Fenomena ini muncul karen a adanya persepsi yang berbeda bagi sejumlah orang maupun mahasiswa di lingkungan universitas. MahasisCl sebagai salah satu pengguna perpustakaan mempunyai peran aktif dalam membentuk opini tentang fungsi perpustakaan, karen a mahasiswa merupakan komponen paling aktif yang menggunakan jasa perpustakaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa tentang fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi saat ini. Persepsi tersebut dilihat dad beberapa aspek perpustakaan, yaitu koleksi, sistem layanan perpustakaan. teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusia. Selain itu. penulis juga ingin mengetahui factor apa yang mempengaruhi persepi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Hasil dari penelitian ini menyatakan sebagian besar responden mempunyai persepsi yang positif tentang perpustakaan, sehingga fungsi perpustakaan yang terjadi selama ini sudah berfungsi baik. Selain itu, factor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang fungsi perpustakaan berasal dari dalam dan luar dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 23/11 Zur p
Uncontrolled Keywords: perceptions, library functions, library
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SHINTA SISCA ZURAIDA, 070916113UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 Nov 2013 12:00
Last Modified: 25 Jul 2019 01:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item