EKSPOSUR MEDIA MASSA TELEVISI DAN INTERNET SEBAGAI STIMULAN PERILAKU KONSUMSI (Studi deskriptif fenomena gaya hidup dan masyarakat konsumsi di kalangan remaja putri di Surabaya)

Khalida Lubiyana, 070914062 (2013) EKSPOSUR MEDIA MASSA TELEVISI DAN INTERNET SEBAGAI STIMULAN PERILAKU KONSUMSI (Studi deskriptif fenomena gaya hidup dan masyarakat konsumsi di kalangan remaja putri di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK/ FULLTEXT NOT AVAILABLE)
gdlhub-gdl-s1-2014-lubiyanakh-29187-SOS.Abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini diiringi dengan kemajuan di dunia media massa pula. Media massa yang semakin canggih saat ini mampu memberikan berbagai informasi-informasi tersebut dapat berupa tayangan dan gambar yang dibuat secara berlebihan di luar realitasnya yang dinamakan dengan hiperrealitas. Dunia hiperrealitas yang ada dalam media massa tersebut pada akhimya dapat berpengaruh pada perilaku sosial, yaitu perilaku konsumsi. Penelitian ini akan menjawab permasalahan mengenai aksesbilitas responden dalam menggunaan media massa setiap harinya, intensitas paparan dalam media massa yang mampu mempengaruhi perilaku konsumsi responden, perilaku konsumsi dan gaya hidup responden dan motif berperilaku konsumsi responden. Peneliti menggunakan teori konsumsi, teori gaya hidup, teori hiperrealitas dan simulacra dan teori deteminisme teknologi. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Surabaya, SMAN 5 Surabaya, SMAN 9 Surabaya, SMAN 2 Surabaya, SMAN 3 Surabaya, SMAN J 1 Surabaya, SMA Trimurti dan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini mengambil remaja putri SMA sebagai sampel karena remaja selalu berhubungan dengan media massa setiap harinya dan mereka merupakan transisi menuju dewasa dan mencari jati diri sehingga mereka cenderung sering untuk ikutikutan.Teknik pengambilan sampel adalah Systematic Random Sampling dengan 100 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner dan indepth interview. Analisis data dengan dua analisis univariat dan bivariat agar menghasilkan analisis yang lebih bervariasi. Hasil penelitian didapatkan banyak responden yang semakin konsumtif dan hedon akibat hiperrealitas yang ada dalam media massa tersebut. Mereka tampil dan selalu mengikuti trend yang sedang happening agar tampak keren, gaul dan up to date

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 33/13 Lub e
Uncontrolled Keywords: Hyperreality. Consumption
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Khalida Lubiyana, 070914062UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Jan 2014 12:00
Last Modified: 25 Jul 2019 01:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item