Persepsi Kyai tentang Perempuan di Legislatif (Studi Kasus di Bangkalan)

AHMAD SYAHRONDY, 070913081 (2013) Persepsi Kyai tentang Perempuan di Legislatif (Studi Kasus di Bangkalan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-syahrondya-29774-6.abstr-k.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-syahrondya-29774-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang penelitian persepsi Kyai tentang peran perempuan di legislatif. Peran perempuan dalam dunia politik khususnya legislatif telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal tersebut dibantu dengan adanya undang-undang kuota 30% perempuan yang telah mengalami beberapa perbaikan. Undang-undang tersebut mendorong adanya kesetaraan perempuan atas laki-laki agar mampu berperan untuk menyuarakan aspirasinya di perpolitikan Indonesia, khususnya di legislatif. Di sisi lain, mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, dan salah satu tokoh penting bagi kaum muslim di Indonesia adalah seorang Kyai. Kyai merupakan elit informal yang mempunyai pengaruh bagi kaum muslim, khususnya bagi para pengikut dari para Kyai itu sendiri. Berdasarkan literatur Islam (Qur’an & Hadis) terdapat perbedaan posisi antara laki-laki dan perempuan termasuk dalam hal peran di dunia politik, di mana perempuan diposisikan lebih bawah dari pada laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Bangkalan, di mana subyek penelitiannya adalah para Kyai Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Kyai mayoritas kurang setuju dengan adanya peran perempuan di legislatif, mayoritas Kyai berpendapat bahwa perempuan itu lebih cocok sebagai ibu rumah tangga daripada terjun ke dunia politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 01/14 Sya p
Uncontrolled Keywords: Kyai perception, role of women, legislative.
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers > J(1)-981 General legislative and executive papers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD SYAHRONDY, 070913081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Feb 2014 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 04:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item