Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Baru (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Baru dalam Menunjang kebutuhan Informasi Akademis)

CAHYO NOER INDAH, 070916086 (2013) Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Baru (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Baru dalam Menunjang kebutuhan Informasi Akademis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-indahcahyo-29861-8.abstr-t.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-indahcahyo-29861-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian perilaku penemuan informasi mahasiswa baru dalam menunjang kebutuhan informasi akademis ini bertujuan untuk mengetahui perilaku penemuan informasi mahasiswa baru Strata-1 Tahun 2012 Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Acuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ketiga dari Wilson. Metodelogi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, teknik pengambilan sampel yakni sampel jenuh. Sampel penelitian ini berjumlah 101 orang mahasiswa baru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuisioner dan pengolahan data secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa baru melakukan perilaku penemuan informasi secara aktif dan pasif dalam menunjang kebutuhan akademis. Mahasiswa baru merasa mudah memperoleh informasi dengan menggunakan sumber informasi yakni internet terutama search engine yang memiliki prosentase sebesar 42,6% yang didukung media elektronik seperti Handphone (HP), laptop atau komputer dengan hasil prosentase sebesar 66,3%. Misalkan dengan cara diskusi melalui sosial media seperti facebook, BBM (Blackberry Messanger), dan website kampus. Internet merupakan sumber dan saluran informasi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa baru. Internet juga memiliki hambatan seperti pada saat jaringan internet yang lemah, banyaknya biaya yang dibutuhkan dan lainnya. Oleh karena itu dari Departemen ilmu Informasi dan Perpustakaan dapat menggunakan internet secara maksimal dalam memberikan informasi kepada mahasiswa baru mengenai kebutuhan akademisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 03/14 Ind p
Uncontrolled Keywords: Information seeking behavior, information need, information media.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CAHYO NOER INDAH, 070916086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Fitriyah M., S.Sos., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 14 Feb 2014 12:00
Last Modified: 25 Aug 2016 08:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item