Efektivitas Program Reading Time di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif: Efektivitas Program Reading Time di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya)

Melisa Kakaina, 070916009 (2013) Efektivitas Program Reading Time di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif: Efektivitas Program Reading Time di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kakainamel-29896-8.abstr-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini beberapa Sekolah Dasar di Surabaya mulai menerapkan program Reading Time (Jam Wajib Baca). Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana efektivitas program Reading Time di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya serta faktor- faktor apa sajakah yang mempengaruhi efektifitas program Reading Time. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel acak sistematik (Systematic random sampling). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 dan 6 dengan sampel 52 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga hal untuk menggambarkan produktivitas program. Pertama, keahlian membaca. Dimana sebagian besar siswa dapat menceritakan kembali bacaan yang sudah dibaca. Kedua, motivasi siswa untuk membaca, sebagian besar siswa senang membaca ensiklopedia Ketiga, bahasa yang telah dikembangkan. Mayoritas siswa senang menulis dengan tujuan untuk menyalurkan hobi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa program Reading Time masih belum mampu menyesuaikan perubahan. Reading Time pernah ditiadakan dan tidak ada pengganti dihari atau waktu yang lain. Hasil ini juga menunjukkan bahwa tidak ada tekanan pada siswa, dimana siswa sering mengisi waktu luang untuk membaca lebih dari 3 kali dalam seminggu dan membaca 1 buah buku. Faktor- faktor yang mempengaruhi efektivitas program terdiri dari kebutuhan siswa, dimana siswa merasakan kebebasan membaca yang mereka sukai, sehingga mereka mau membaca. Manfaat yang dirasakan, dimana sebagian besar siswa merasakan manfaat dapat menambah pengetahuan baru, sehingga siswa terdorong untuk membaca lebih banyak lagi. Sedangkan faktor yang tidak berpengaruh adalah hukuman, dimana jenis hukumannya adalah teguran. Sebagian besar siswa yang mendapat teguran, cenderung tidak mau membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 02/14 Kak e
Uncontrolled Keywords: effectiveness, reading, program, factor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Melisa Kakaina, 070916009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Feb 2014 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16253
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item