SIMBOL INTERAKSI KAUM LESBI (Studi Deskriptif Mengenai Simbol � Simbol Interaksi Sebagai Wujud Identitas Diri Pada Kelompok Lesbi di Surabaya)

INTAN PERMATA SARI, 071014044 (2013) SIMBOL INTERAKSI KAUM LESBI (Studi Deskriptif Mengenai Simbol � Simbol Interaksi Sebagai Wujud Identitas Diri Pada Kelompok Lesbi di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sariintanp-29904-7.abstr-k.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16257.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lesbian merupakan bagian dari sebuah fenomena social di masyarakat. Namun, lesbian memiliki cara tersendiri untuk berinteraksi sesama lesbian melalui bahasa verbal dan bahasa non verbal yang dapat disimpulkan peneliti sebagai bentuk interaksi simbolik antar sesama lesbian. Interaksi simbolik yang diberikan penanda kepada sesama lesbian dapat menjadi proses pertukaran makna dari lesbian yang tidak mengetahui istilah tersebut menjadi mengerti makna istilah tersebut. Beberapa dari kaum lesbi membentuk sebuah kelompok bahkan sebuah komunitas dan mempunyai simbol-simbol tersendiri yang diketahui oleh kelompok lesbi itu sendiri. Penelitian yang berjudul “Simbol Interaksi Kaum Lesbi” ini dilakukan untuk menjawab beberapa pertanyaan peneliti berikut: (1) Apa saja bentuk simbol-simbol interaksi yang digunakan kaum lesbi? (2) 2. Bagaimana para lesbi menggunakan simbol-simbol interaksi sebagai wujud identitas diri mereka ?. Untuk mendukung penelitian ini, digunakan teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang diteliti yaitu Teori Interaksionisme Simbolik yang merupakan hasil dari pemikiran George Herbert Mead. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini di ikuti dengan perspektif interaksionisme simbolik dari Herbert Mead berparadigma definisi sosial. Penelitian ini menentukan subjek atau informan yang relevan dilakukan secara purposif dan terdapat 5 informan didalamnya dan dilakukan di Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol terdapat beberapa simbol yang digunakan kelompok lesbi yaitu simbol yang diperlihatkan melalui penampilan/fisik, sikap atau perilaku dan bahasa/kata-kata. Para lesbi tersebut menggunakan simbol-simbol tersebut sesuai dengan karakteristik mereka yang mana butchi yang memakai simbol tersebut dan biasanya simbol tersebut digunakan saat mereka sedng berkumpul bersama kelompok/komunitasnya. Terdapat pula persaingan diantara para kelompok lesbi yang dikarenakan persepsi proses coming out yang berbeda-beda diantara kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S. 09/14 Sar s
Uncontrolled Keywords: Simbol Interaksi, Lesbi, Kelompok Lesbi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
INTAN PERMATA SARI, 071014044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 18 Feb 2014 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16257
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item