STUDI EVALUASI DAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU PADA TINGKAT KESEJATERAAN MASYARAKAT

Ainul Yakin, 070911088 (2013) STUDI EVALUASI DAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU PADA TINGKAT KESEJATERAAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-yakinainul-29917-7.abstr-k.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16270.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu mengevaluasi dampak pembangunan Jembatan Suramadu pada tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Pembangunan Jembatan Suramdu merupakan proyek pembangunan nasional yang memakan biaya yang sangat besar mencapai ± 4 triliun rupiah dengan tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Madura. Dalam proses pembangunan Jembatan Suramdu banyak hambatanhambatan yang terjadi diantaranya dalam penerimaan pembangunan dari masyarakat dan BASSRA selain itu dalam masalah pembebasan lahan. Pembangunan Jembatan Suramadu dikatakan berhasil apabila mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Madura khususnya masyarakat di Kecamatan Labang yang merupakan daerah terdekat dari Jembatan Suramadu sisi Madura. Penelitian ini menggunakan teori pembangunan infrastruktur, tingkat kesejahteraan masyarakat dan dampak pembangunan jembatan pada tingkat kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian evaluasi. Tempat penelitian ini berlokasi di Kecamatan Labang yang merupakan daerah terdekat dengan Jembatan Suramadu sisi Madura. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan 13 informan. 13 informan tersebut diantaranya terdiri dari Kepala Humas BPWS, Sekertaris Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan masyarakat. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data kemudian mereduksi data, menyajikan data, verifikasi dan menarik kesimpulan hasil penelitian. Selain itu, penelitian ini juga menguji keabsahan data yang diperoleh dengan beberapa cara yaitu membandingkan informasi / data dengan berbagai cara, menggali kebenaran informasi tertentu melalui berbagai metode dan sumber perolehan data, serta membandingkan informasi dengan teori yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan Jembatan Suramadu berdampak pada perubahan tata guna lahan, pergeseran okupasi masyarakat, perubahan pusat kegiatan masyarakat, dan perubahan akses tranportasi. Dimana perubahan tersebut membawa dampak positif dan negatif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Dampak positifnya yaitu lancarnya arus transportasi, dan peningkatan kesejahteraan pada masyarakat pedagang dan pengusaha sementara itu dampak negatifnya yaitu terjadi penurunan pendapatan pada masyarakat petani dan nelayan di Kecamatan Labang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN. 23/14 Yak s
Uncontrolled Keywords: Development, Suramadu Bridge, Public Welfare
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1960-1973 Public welfare. Public assistance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Ainul Yakin, 070911088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Sunaryo, Drs., M.PstUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 18 Feb 2014 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16270
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item