METALHEAD(Studi Deskriptif Gaya Hidup Pendukung Subkultur Metalhead di Kota Surabaya)

ADY MAT SOLEH, 070917046 (2013) METALHEAD(Studi Deskriptif Gaya Hidup Pendukung Subkultur Metalhead di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-solehadyma-29927-6.abstr-k.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-solehadyma-29927-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masuknya media massa elektronik melalui acara-acara musik MTV maupun media massa cetak seperti majalah dan koran yang ada di Indonesia mengakibatkan adanya arus yang membawa berbagai macam kebudayaan dan identitas dari seluruh dunia. Eksistensi diri merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam dunia remaja. Rasa ingin mandiri, indiependen dan mencari identitas, inilah yang terkadang membuat para remaja melakukan petualangan dengan mencoba hal-hal baru yang membuat mereka ingin diterima di kelompok sebayanya, walaupun terkadang dapat berdampak negatif bagi diri mereka sendiri, seperti memilih menjadi seorang metalhead. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang pada akhirnya menghasilkan sebuah laporan deskripsi. Penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu pengamatan, wawancara, dan menelaah dokumen. Peneliti berhasil mengumpulkan fakta lapangan bahwa gaya hidup metalhead di kota Surabaya menjadi identitas bagi mereka dan mempunyai makna yang terdapat di dalamnya. Makna yang terkandung di dalam gaya hidup metalhead baik dari atribut, simbol, maupun semangat indiependennya, mempunyai inti makna yakni perlawanan terhadap aturan, baik aturan kemiliteran, kemapanan, maupun agama. Merujuk pada penjabaran di atas, peneliti memfokuskan permasalahan penelitian mengenai “Bagaimana gaya hidup pendukung subkultur metalhead yang ada di kota Surabaya?”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT. 04/14 Sol m
Uncontrolled Keywords: Metalhead, Lifestyle, Subculture, Teenagers
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ADY MAT SOLEH, 070917046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio Santoso,, Drs., M.Sosio.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Feb 2014 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item