AKTIVITAS PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN REMAJA SEBAGAI BAGIAN DARI BUDAYA INFORMASI (Studi Deskriptif)

EKACAHYA GARFIANTAMA, 070916013 (2013) AKTIVITAS PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN REMAJA SEBAGAI BAGIAN DARI BUDAYA INFORMASI (Studi Deskriptif). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-garfiantam-30026-8.abstr-k.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-garfiantam-30026-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat di era milenium di dukung pula oleh peningkatan infrastruktur berbasis informasi dan teknologi (internet) mengakibatkan perkembangan produk informasi dan komunikasi menjadi semakin canggih serta kenaikan jumlah pengguna internet yang signifikan dari tahun ke tahun. Kedua hal tersebut berperan dalam perkembangan budaya informasi masyarakat. Penggunaan handphone, smartphone, PC tablet atau laptop sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat terutama di perkotaan. Dengan perangkat tersebut, mereka melakukan komunikasi (telepon, SMS, jejaring sosial), mencari informasi dan berita, melakukan kegiatan perbankan (mengecek saldo, mentransfer uang), membayar rekening, bermain game, atau melakukan transaksi bisnis dan masih banyak lagi. Remaja yang duduk di bangku sekolah SMP dan SMA sekarang tak bisa lepas dari penggunaan perangkat produk teknologi informasi dan komunikasi, karena kemudahan yang diperoleh dari perangkat-perangkat tersebut.mereka tak memerlukan lagi kamus, literatur, jurnal ilmiah, kliping koran dan majalah di perpustakaan dalam menyelesaikan proyek-proyek ilmiah dan tugas-tugas sekolah. Hanya dengan menekan tombol dan touchscreen baik di smartphone, handphone, tablet PC atau laptop, dan memasukkan kata kunci di search engine (di jaringan internet), mereka dapat menemukan jutaan informasi yang diinginkan. Bahkan bisa melakukan komunikasi dengan siapapun sampai ke manca negara, mencari hiburan (musik, film, game) atau membeli barang secara online. Semua bisa dilakukan dimana saja, kapan saja tanpa beranjak dari tempatnya dan sambil melakukan kegiatan lain. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan aktivitas penggunaan internet sebagai bagian dari budaya informasi yang berkembang di kalangan remaja untuk memenuhi berbagai kepentingan mencari informasi, hiburan, komunikasi dan transaksi yang dijabarkan dalam intensitas waktu yang dihabiskan remaja dalam mengakses internet untuk memenuhi berbagai kepentingan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 09/14 Gar a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION CULTURE
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EKACAHYA GARFIANTAMA, 070916013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Soesantari, Dra., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item