ANALISIS MANAJEMEN INFORMASI PRIBADI (PERSONAL INFORMATION MANAGEMENT) PADA PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI SURABAYA

Nisa Adelia, 071016008 (2013) ANALISIS MANAJEMEN INFORMASI PRIBADI (PERSONAL INFORMATION MANAGEMENT) PADA PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-adelianisa-30028-7.abstr-k.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-adelianisa-30028-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Personal Information Management dapat memberikan kemudahan penggunaan kembali informasi. Sehingga dapat membantu pustakawan mengelola dan menggunakan secara cerdas informasinya. Personal information management pada pustakawan dengan mudah dapat membantu menggali informasi pada masa lalu dan dapat melihat informasi pada masa depan. Fenomena tersebut membuat ketertarikan tersendiri untuk mengetahui personal information management yang dikembangkan oleh pustakawan perguruan tinggi negeri di Surabaya. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan konsep manajemen informasi pribadi dari William Jone, yang terdiri dari 3 bagian utama yakni penemuan, penyimpanan dan tingakatan-meta (meta – level) yang terdiri dari pengelolaan, pemeliharaan, dan manajemen arus informasi. Dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran strategi personal information management pada pustakawan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi atau sensus dimana responden dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan perguruan tinggi negeri di Surabaya yang berjumlah 73 pustakawan. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran strategi personal information management pada pustakawan dimana dalam penemuan informasi, 67,1% pustakawan melakukan pencarian informasi dengan menggunakan kata kunci dan 56,2% mengenali informasi dengan cara membaca secara seksama isi informasi. Kemudian 76,7% pustakawan mengorganisasi informasinya dengan mengelompokkannya berdasarkan isi informasi dan 64,4% memberi label/nama berdasarkan isi informasi juga. Sedangkan 13,7%. Melakukan penumpukan informasi yang terjadi pada sebagaian kecil pustakawan Dalam tindakan penyimpanan informasi terdapat 9,4 % dan 1,4% pustakawan cenderung hanya membaca dan mengingat ingat saja. jika membutuhkan, langsung menuju ke internet. Selnjutnya pemeliharaan informasi saat ini pada informasi digital di lakukan dengan mem-backup pada harddisk (43,8%) sedangkan untuk informasi tercetak, sebagaian besar (30,1%) dilakukan dengan membersihkan informasi tersebut dari debu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 11/14 Ade a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION MANAGEMENT
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Nisa Adelia, 071016008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDYAH PUSPITA, S.Kom.,M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 09:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item