ANALISA USABILITY SISTEM INFORMASI LAYANAN PEMINJAMAN MANDIRI (Studi Deskriptif analisa usability sistem informasi layanan peminjaman mandiri perpustakaan Universitas Negeri Malang dari sudut pengguna)

NUR SEKAR ASIH, 070916088 (2013) ANALISA USABILITY SISTEM INFORMASI LAYANAN PEMINJAMAN MANDIRI (Studi Deskriptif analisa usability sistem informasi layanan peminjaman mandiri perpustakaan Universitas Negeri Malang dari sudut pengguna). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-asihnursek-30039-8.abstr-t.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-asihnursek-30039-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggambarkan mengenai analisa sistem layanan peminjaman mandiri perpustakaan Universitas Negeri Malang dengan konsep self service oleh pengguna perpustakaan dengan menggunakan teori jakob Nielsen 1991. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel usability (kegunaan) yang meliputi easy to learn (kemudahan), efficiency (efisiensi), easy to remember (daya ingat), few error ( beberapa kesalahan) dan pleasant to use (kepuasan pengguna). Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengguna khususnya mahasiswa dapat merasakan kegunaan dari sistem layanan ini tanpa merasakan kesulitan dalam penggunaanya dengan pendekatan 5 indikator usability tersebut. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan peminjaman ini masih dijumpai beberapa kendala dan belum berjalan secara optimal. Masing masing dari indikator usability meliputi: learnability, efficiency, memorability, few error, pleasant to use dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik ,namun masih ada yang mengalami masalah dalam penerapannya, agar sistem ini dapat memenuhi sesuai dengan indikator usability maka perlu diadakannya analisa lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 22/14 Asi a
Uncontrolled Keywords: Service circulation borrowing , Usability , Analysis
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
NUR SEKAR ASIH, 070916088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Puspitasari, S.Kom. M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 05:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item