KARAKTERISTIK KEBUTUHAN INFORMASI JURNALIS DETEKSI JAWA POS SURABAYA(Studi Deskriptif Mengenai Karakteristik Kebutuhan Informasi Jurnalis DetEksi Jawa Pos Surabaya Dalam Penyampaian Informasi)

FAIZAL RAHMAN, 070916097 (2013) KARAKTERISTIK KEBUTUHAN INFORMASI JURNALIS DETEKSI JAWA POS SURABAYA(Studi Deskriptif Mengenai Karakteristik Kebutuhan Informasi Jurnalis DetEksi Jawa Pos Surabaya Dalam Penyampaian Informasi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-rahmanfaiz-30041-7.abstr-k.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Departemen DetEksi merupakan salah satu departemen yang berada di bawah naungan PT. Jawa Pos. Departemen ini adalah departemen yang memproduksi Halaman DetEksi. Halaman DetEksi merupakan halaman yang segmentasinya di khususkan bagi anak muda. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik kebutuhan informasi pada kalangan jurnalis DetEksi dengan melihat dari segi aspek antara perilaku jurnalis, kebutuhan informasi, sumber informasi, dan hambatan yang ditemui dalam proses pencarian informasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori Information Seeking Behaviour dalam jurnalisme menurut D. Nicholas. Teknik pengambilan sample menggunakan Non Probability dengan menggunakan penarikan sampling jenuh/total sampling dan metode yang digunakan metode kuantitatif deskriptif. Kebutuhan informasi yang meliputi 5 aspek yang dijelaskan sudah baik dengan tingkatan tinggi (94% responden ada dalam kategori ini). Dari 5 aspek kebutuhan informasi yang paling menonjol adalah 3 aspek yaitu : Pemeriksaan fakta, Kesadaran terkini dan Ransangan yang masing-masing memiliki prosentase 94% dari total responden. Selain itu, dari pendapat para ahli mengenai karakterisik kebutuhan informasi sebagaian besar mengatakan bahwa diperlukan kecepatan informasi dalam memenuhi kebutuhan pada sumber otoritatif dan terbaru serta hambatan terbesar yang mereka alami adalah kurangnya waktu. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa penelitian tersebut membuka wawasan luas mengenai Karakteristik Kebutuhan Informasi yang terdiri dari Perilaku Penemuan Informasi, Sumber Informasi dan Hambatan yang ditemukan oleh jurnalis DetEksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 24/14 Rah k
Uncontrolled Keywords: Information Behavior
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
FAIZAL RAHMAN, 070916097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Eka Variant Anna, S. Sos, MIMSUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item