Hubungan sosial dalam transaksi ekonomi pada komunitas virtual pecinta ikan hias (Studi deskriptif tentang proses pengembangan kepercayaan antar anggota dalam proses transaksi jual beli ikan hias pada komunitas virtual pecinta ikan "O-Fish Forum")

Devon Ariell Yulianto, 070710601 (2013) Hubungan sosial dalam transaksi ekonomi pada komunitas virtual pecinta ikan hias (Studi deskriptif tentang proses pengembangan kepercayaan antar anggota dalam proses transaksi jual beli ikan hias pada komunitas virtual pecinta ikan "O-Fish Forum"). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-yuliantode-30047-7.abstr-k.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-yuliantode-30047-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi tentang hubungan sosial sosial dalam masyarakat sudah banyak dilakukan, akan tetapi sejak maraknya internet hubungan sosial dalam komunitas virtual di era digital belum banyak dilakukan, apalagi di Indonesia. Fakta ilmiah yang mendorong saya melakukan sebuah penelitian tentang proses pengembangan kepercayaan antar anggota komunitas virtual pecinta ikan hias dalam proses transaksi ekonomi di forum pecinta ikan hias o-fish. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa teknologi komunikasi dan informasi (ICT), yaitu internet berpengaruh dalam menjadi tempat berkumpulnya komunitas yang memiliki hobby memelihara ikan hias dan menjadikannya tempat saling bertukar ikan hias peliharaan mereka. Selain itu secara khusus penelitian ini ingin mengidentifikasi hubungan antara anggota komunitas yang sudah melakukan transaksi jual-beli dan sudah mengalami proses pengembangan kepercayaan yang dimulai dari forum internet ofish. Tiga puluh kuisioner telah disebar pada anggota dan moderator (pengelola) komunitas virtual o-fish yang telah bertemu secara langsung dengan peneliti dengan menggunakan purposive sampling. Dengan sampel para hobiis ikan hias yang tergabung dalam komunitas virtual o-fish. Dalam penelitian ini digunakan dua teori yaitu hubungan sosial yang berguna mengetahui bagaimana interaksi dilakukan dan teori Modal sosial yang berguna mengetahui kekuatan kepercayaan yang dilakukan anggota forum dalam pengembangan kepercayaan dalam transaksi ekonomi dalam komunitas virtual. Gambaran hubungan sosial responden dalam pengembangan kepercayaan di penelitian ini sangat beragam dan bervariasi dalam proses modal sosial. Responden dalam penelitian ini secara umum membutuhkan rasa percaya antar anggota agar mencapai kesepakatan dalam transaksi online, hala ini dikarenakan seluruh responden dalam penelitian ini adalah dari kalangan anggota forum pecinta ikan hias o-fish yang pernah bertemu secara langsung dengan peneliti baik dalam gathering maupun perlombaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 30/14 Yul h
Uncontrolled Keywords: Social Relationships, Social Capital, Virtual Community, E-commerce
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Devon Ariell Yulianto, 070710601UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 03:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16311
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item