PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PERPUSTAKAAN DESA (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Pemustaka Terhadap Perpustakaan Desa di 11 Desa, Kabupaten Sidoarjo)

BULQIS KHUMAIRO, 071016041 (2013) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PERPUSTAKAAN DESA (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Pemustaka Terhadap Perpustakaan Desa di 11 Desa, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-khumairobu-30048-7.abstr-k.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16312.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada pelaksanaan sebagai pusat sumber informasi, perpustakaan desa menghadapi tantangan untuk memenuhi kebutuhan pemustakanya. Perpustakaan desa adalah lembaga informasi yang berada di tingkat desa. Perpustakaan milik masyarakat, untuk masyarakat, dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekitarnya dengan mengetahui keinginan dan kemauan masyarakat serta mengembangkan inisiatif dan kreativitas. Upaya untuk tetap dapat menarik minat masyarakat memanfaatkan perpustakaan desa yaitu dengan mengetahui persepsi pemustaka terhadap perpustakaan desa di Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan 4 dari 6 Standar Nasional Perpustakaan Tentang Perpustakaan Desa untuk mengetahui persepsi terhadap perpustakaan desa yaitu sarana-prasarana, koleksi, layanan, dan sumber daya manusia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Bimo Walgito yang menyatakan dalam proses persepsi ada 4 proses tahapan yaitu (1) Tahap Pertama yaitu tahap yang dikenal dengan nama proses fisik; (2) Tahap Kedua yaitu tahap yang dikenal dengan proses fisiologis; (3) Tahap Ketiga yaitu merupakan tahap yang dikenal dengan nama proses psikologik; (4) Tahap Keempat yaitu hasil yang diperoleh dari proses persepsi yaitu berupa tanggapan sehingga mampu memunculkan perilaku. Teknik pengambilan sampel mengunakan non-probability sampling dengan menggunakan sampel purposive dan metode yang digunakan metode kuantitatif deskriptif. Pemustaka mempersepsikan sarana-prasarana dengan memberikan tanggapan positif yang dipengaruhi oleh kebutuhan dan keinginan berupa karakteristik sosial demografis berdasarkan jenis kelamin dan pendidikan. Sementara, manfaat koleksi yang diperoleh pada perpustakaan desa dinilai bermanfaat sebesar 80% dan berpersepsi positif terhadap koleksi perpustakaan. Kemudian, pemustaka merasa puas terhadap layanan perpustakaan desa dengan prosentase 94.5% dan mempersepsikan positif. Pemustaka mempersepsi sumber daya manusia perpustakaan desa positif dengan prosentase sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 31/14 Khu p
Uncontrolled Keywords: village library, perception, National Standard Library
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
BULQIS KHUMAIRO, 071016041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Fitriyah Mannan, S.Sos., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item