EVALUASI PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) (Studi Deskriptif Tentang Evaluasi Program Penyelenggaraan TBM Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya)

RASYUQA WIDIANTIKA, 070916063 (2013) EVALUASI PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) (Studi Deskriptif Tentang Evaluasi Program Penyelenggaraan TBM Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-widiantika-30050-6.abstr-k.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-widiantika-30050-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan (BARPUS) Kota Surabaya guna menyediakan bahan bacaan dalam rangka untuk membantu dan memberikan layanan kepada masyarakat sesuai dengan (1) kebutuhan, (2) kemampuan keaksaraan, dan (3) keterampilan membaca masyarakat merata, meluas, terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat dengan murah. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metodologi pendekatan kuantitatif deskriptif yang ditinjau berdasarkan 3 variAbel, yaitu input, proses, dan output. Ukuran sampel dalam penelitian ini 10% yaitu 32 taman baca dari jumlah total populasi sebanyak 320 taman dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu Cluster Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berdasarkan hasil wawancara & kuesioner. Berdasarkan hasil analisa, input yang meliputi kompetensi SDM atau pengelola TBM, sumber informasi yang disediakan, pengembangan koleksi TBM, layanan dan fasilitas, serta kurikulum kegiatan TBM dikatakan Efektif. Dari variabel proses, yang meliputi kegiatan hiburan yang bersifat edukatif, pengembangan boudaya baca, aktivitas pengguna, bimbingan terhadap masyarakat, kerjasama antar TBM dan/atau dengan lembaga lain, serta yang terakhir yaitu pengendalian program (monitoring, evaluasi, dan laporan) juga menunjukkan hasil Efektif. Serta dari variabel output yang meliputi statistik kedatangan pengunjung, kepuasan pengguna, serta jumlah kegiatan yang dilakukan dan diadakan oleh TBM juga menunjukkan hasil Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 33/14 Wid e
Uncontrolled Keywords: Reading Corner, Input, Process, Output.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
RASYUQA WIDIANTIKA, 070916063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Eka Variant Anna, NIDN. 0008117802UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 25 Jul 2019 01:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item