KESENJANGAN DIGITAL di KALANGAN GURU SMP (Studi Deskriptif Mengenai Kesenjangan Aksesibilitas dan Kapabilitas Teknologi Informasi di Kalangan Guru SMP Kecamatan Krian)

Muhammad Zulham, 071016074 (2013) KESENJANGAN DIGITAL di KALANGAN GURU SMP (Studi Deskriptif Mengenai Kesenjangan Aksesibilitas dan Kapabilitas Teknologi Informasi di Kalangan Guru SMP Kecamatan Krian). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-zulhammuha-30051-7.abstr-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-zulhammuha-30051-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi informasi berkembang sangat cepat. Berbagai macam produk teknologi informasi makin banyak bermunculan di kalangan masyarakat. Sayangnya, tidak semua kalangan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi tersebut, sehingga terdapat beberapa kalangan yang mengalami kesenjangan digital. Kesenjangan digital yang terjadi akan berdampak terhadap penguasaan teknologi informasi oleh masyarakat. Sehingga memunculkan istilah gagal teknologi (gaptek). Selain itu, kesenjangan digital juga berdampak pada informasi yang dapat diakses dan diterima. Kesenjangan digital dapat terjadi pada setiap lapisan masyarakat. Tak terkecuali kalangan profesi misalnya guru. Penelitian ini akan melihat bagaimana kesenjangan digital yang terjadi dikalangan tersebut. Terutama guru SMP yang berada di Kecamatan Krian. Penelitian ini dikaji berdasarkan pendapat dan teori dari beberapa ahli mengenai kesenjangan digital yang telah terjadi. Mulai dari faktor aksesibilitas dan kapabilitas teknologi informasi, serta faktor ekonomi dan inovasi yang juga berhubungan dengan kesenjangan digital yang terjadi. Selain itu, juga dikaji mengenai hubungan antara keempat hal di atas dan kategori adopter inovasi dikalangan guru yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesenjangan digital yang terjadi adalah dalam hal kapabilitas teknologi informasi oleh guru. Dalam hal aksesibilitas, ekonomi, dan inovasi, kesenjangan yang terjadi tidak begitu signifikan perbedaannya. Hal ini dikarenakan adanya faktor–faktor lain yang mempengaruhinya. Namun, dalam hal kapabilitas, terjadi perbedaan dalam hal pengoperasian teknologi informasi, penggunaan internet, serta hal lain yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 34/14 Zul k
Uncontrolled Keywords: digital divide
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Zulham, 071016074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item