STRATEGI ADAPTASI PENDEGA PASCA BENCANA LUMPUR LAPINDO(STUDI DESKRIPTIF di DESA TAMBAK KALISOGO KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO)

AININ ZUHRIYAH HAQ, 070710083 (2013) STRATEGI ADAPTASI PENDEGA PASCA BENCANA LUMPUR LAPINDO(STUDI DESKRIPTIF di DESA TAMBAK KALISOGO KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-haqaininzu-30103-9.abstr-k.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasca bencana Lumpur Lapindo, ternyata air lumpur Lapindo tetap mencemari air sungai sekitarnya, salah satunya terjadi di Desa Tambak Kalisogo Kecamatan Jabon. Hal itu sekarang merugikan tambak yang berada di sekitar sungai. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pendega dalam mengelola tambak. Yang dimaksud dengan pendega adalah seseorang yang diberi kepercayaan sepenuhnya oleh pemilik tambak dalam mengelola tambaknya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan tentang strategi adaptasi pendega dalam mengelola tambak di Desa Tambak Kalisogo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi kegiatan pendega dalam mengelola tambak. Pengumpulan data juga dilakukan peneliti dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan yaitu pendega. Dikarenakan pemilik tambak sebagian besar adalah penduduk di luar Kabupaten Sidoarjo maka peneliti menggunakan teknik purposive dalam teknik penentuan informan dengan jumlah tiga informan pendega. Teknik analisis data dengan menggunakan pendekatan teori adaptasi dari Bennet dalam buku Adi Sukadana yang menjelaskan adaptasi sebagai suatu perilaku yang secara sadar dan aktif dapat memilih dan memutuskan apa yang ingin dilaksanakan sebagai usaha penyesuaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT.17/14 Haq s
Uncontrolled Keywords: Pendega, Strategi Adaptasi, Lumpur Lapindo
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
AININ ZUHRIYAH HAQ, 070710083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio Santoso, Drs. , M.sosioUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Mar 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item