KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (P2T) PROVINSI JAWA TIMUR (Studi Deskriptif tentang Faktor Struktur Organisasi, Kemampuan Aparat dan Sistem Pelayanan yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan di UPT P2T Pro

HENDRIAWAN ABRIANTO, 070810544 (2013) KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (P2T) PROVINSI JAWA TIMUR (Studi Deskriptif tentang Faktor Struktur Organisasi, Kemampuan Aparat dan Sistem Pelayanan yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan di UPT P2T Pro. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-abriantohe-30224-7.abstr-k.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-abriantohe-30224-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UPT P2T Provinsi Jawa Timur merupakan instansi percontohan dan mendapatkan banyak penghargaan dalam bidang pelayanan perizinan. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan di UPT P2T Provinsi Jawa Timur. Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan perijinan di UPT P2T Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan 3 faktor yaitu, Struktur Organisasi, Kemampuan Aparat dan Sistem Pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian UPT P2T Provinsi Jawa Timur. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah para staf UPT P2T Provinsi Jawa Timur dan para pelanggan UPT P2T Provinsi Jawa Timur. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyejian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa indikator-indikator dari faktor struktur organisasi yang mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan UPT P2T Provinsi Jawa Timur ditunjukkan dengan pembagian tugas sesuai dengan pendidikan dan kompetensi, koordinasi yang baik antar instansi dan hubungan atasan dan bawahan yang baik, Faktor kemampuan aparat yang mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan UPT P2T Provinsi Jawa Timur ditunjukkan dengan penempatan jabatan sesuai dengan tingkat pendidikan, semua pegawai mengikuti pelatihan/kursus, konsistensi sikap bekerja yang baik, keahlian komunikasi yang bagus dan penguasaan teknologi alat kerja yang baik. dan sistem pelayanan sudah sesuai dalam mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan di UP2 P2T Provinsi Jawa Timur dalam melayani pelanggan/pemohon yang menggunakan jasa pelayanan perizinan. Faktor Sistem Pelayanan, indikator akses lokasi pelayanan sudah strategis, kejelasan biaya menunjukkan bahwa sudah sesuai dengan perudang-undangan yang berlaku, kepastian waktu sudah sesuai dan kelengkapan sarana dan pra sarana menunjukkan sudah sesuai dan berfungsi cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN. 30/14 Abr k
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
HENDRIAWAN ABRIANTO, 070810544UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorERNA SRTIJANINGRUM, S.IP, MSIUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item