PENGARUH SIMPLIFIKASI PROSEDUR PELAYANAN PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PEMOHON(Studi Eksplanatif Tentang Program Larasita �One Day Service� di Desa Kemiri Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo)

AHMAD KHAMSA FARDAN, 070810745 (2013) PENGARUH SIMPLIFIKASI PROSEDUR PELAYANAN PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PEMOHON(Studi Eksplanatif Tentang Program Larasita �One Day Service� di Desa Kemiri Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-fardanahma-30230-8.abstr-k.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-fardanahma-30230-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu apakah simplifikasi prosedur pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pemohon dalam pengurusan Sertifikat Tanah, serta untuk menjelaskan bagaimana pengaruhnya. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Kemiri Kabupaten Sidoarjo. Yang melatarbelakangi permasalahan tersebut adalah rendahnya tingkat antusiasme masyarakat Sidoarjo dalam hal pengurusan Sertifikat Tanah. Sejak berlakunya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang selanjutnya diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004, diharapkan dapat memberikan dampak nyata yang luas terhadap peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Namun dari sejumlah penelitian terdahulu, telah diketahui bahwa tingkat kepuasan pemohon dalam hal pengurusan Sertifikat Tanah cenderung minim dalam hal ini butuh penyederhanaan pelayanan yang lebih signifikan dari pemerintah. Munculnya sistem penyederhanaan layanan dalam hal pengurusan Sertifikat Tanah yaitu Program Larasita juga melatarbelakangi penelitian ini. Dengan keberadaan Program Larasita ini memberikan indikasi bahwa semakin meningkatnya penyederhanaan layanan pada pengurusan Sertifikat Tanah Larasita maka akan menumbuhkan tingkat kepuasan pemohon dalam hal pengurusan Sertifikat Tanah. Sehingga dari permasalahan tersebut penelitian ini mencoba mencari tahu pengaruh antara kedua variabel tersebut, yaitu simplifikasi prosedur pelayanan dan kepuasan pemohon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga Desa Kemiri yang telah merasakan atau mengikuti Program Larasita. Sedangkan yang dijadikan sampel adalah sebagian besar warga tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu Pertama data primer yang diperoleh melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner. Kedua, data sekunder yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber yang dibutuhkan. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier sederhana, yaitu suatu uji statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dua variabel. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa simplifikasi prosedur pelayanan berpengaruh pada tingkat kepuasan pemohon dalam pengurusan Sertifikat Tanah pada Program Larasita. Besarnya pengaruh variabel simplifikasi prosedur pelayanan adalah 52,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN. 34/14 Far p
Uncontrolled Keywords: PROCEDURE OF SERVICE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD KHAMSA FARDAN, 070810745UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNanang Haryono, S.IP, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16346
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item