ASPIRASI DAN EKSPLORASI SISWA TERHADAP PEKERJAAN KAITANNYA DENGAN MINAT SISWA MASUK PERGURUAN TINGGI (Studi Eksplanatif pada Siswa SMA Negeri 5 Surabaya)

Wahyu Nur Islamiati, 071014069 (2013) ASPIRASI DAN EKSPLORASI SISWA TERHADAP PEKERJAAN KAITANNYA DENGAN MINAT SISWA MASUK PERGURUAN TINGGI (Studi Eksplanatif pada Siswa SMA Negeri 5 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-islamiatiw-30232-6.abstr-k.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-islamiatiw-30232-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, salah satunya yaitu sebagai sarana sosialisasi norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Karena pentingnya peran pendidikan tersebut, pemerintah dalam suatu negara termasuk Indonesia melakukan berbagai upaya agar seluruh masyarakatnya dapat mengenyam pendidikan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah tersebut, secara tidak langsung memunculkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang salah satunya terlihat dari banyaknya siswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Banyaknya siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ini, diduga karena adanya aspirasi dan eksplorasi siswa terhadap pekerjaan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara aspirasi dan eksplorasi siswa terhadap pekerjaan kaitannya dengan minat siswa masuk perguruan tinggi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 5 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif, serta menggunakan teknik pengambilan sampel berupa cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 44 responden. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsi teknis pendidikan dari Randall Collins, teori modal manusiawi dari Davis dan Moore, teori mobilitas sosial dari Philip Robinson, serta konsep eksplorasi dari Marcia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu semakin tinggi aspirasi siswa terhadap pekerjaan, maka semakin dalam atau semakin luas eksplorasi terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh siswa, sehingga hal tersebut membuat minat siswa untuk masuk perguruan tinggi menjadi semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S. 25/14 Isl a
Uncontrolled Keywords: the interests of students to enter the college
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wahyu Nur Islamiati, 071014069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTuti Budirahayu, Dr., Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16348
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item