Tindakan Sosial Pemuka Agama Islam Terhadap Komunitas Punk(Studi Deskriptif Mengenai Tindakan Soaial Pemuka Agama Islam Terhadap Komunitas Punk di Desa Bareng, kabupaten Jombang, Jawa Timur)

Yunas Kristiyanto, 070914068 (2013) Tindakan Sosial Pemuka Agama Islam Terhadap Komunitas Punk(Studi Deskriptif Mengenai Tindakan Soaial Pemuka Agama Islam Terhadap Komunitas Punk di Desa Bareng, kabupaten Jombang, Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kristiyant-30250-7.abstr-k.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-kristiyant-30250-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena komunitas punk dalam masyarakat mendapatkan berbagai macam reaksi. Kasus-kasus pun banyak bermunculan sehingga membutuhkan penanganan. Dalam penelitian ini memfokuskan pada pendapat dan bentuk tindakan sosial yang dilakukan oleh pemuka agama Islam terhadap keberadaan komunitas punk. Untuk menjawabnya digunakan teori tindakan sosial, Max Weber. Snowball adalah teknik yang digunakan untuk menentukan informan dengan bantuan key informant NW diperoleh informan ZN dan RF, kemudian dari ZN diperoleh SJ, sedangkan dari RF diperoleh NR. Penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dan memilih lokasi di kawasan Kota Jombang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam yang kemudian dianalisis secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dipaparkan mengenai pendapat yang diberikan pemuka agama Islam terhadap keberadaan komunitas punk. Hasilnya yang didapatkan jawaban yang beragam dari kelima informan mengenai pendapat tentang komunitas punk secara subjektif. Dapat diketahui bahwa komunitas punk adalah di mana suatu anak yang memiliki ciri-ciri penampilan mulai dari gaya rambut yang berdiri dan diberi warna-warna yang terang, memakai anting, mentato tubuh mereka dan suka mengkonsumsi minum-minuman keras, sedangkan dalam bergabungnya anak ke komunitas punk dikarenakan beberapa fartor mulai lingkungan pergaulan sampai dengan kontrol orang tua. Dalam tindakan sosial terdapat variasi data yang diperoleh. Tindakan sosial berhubungan dengan alasan pemuka agama Islam bersedia memberikan penanganan kepada anak komunitas punk. Tindakan yang berorientasi rasionalitas nilai di gambarkan dengan tindakan menjadikan para anak komunitas punk sebagi murid ngaji dan menjadikannya sebagai guru ngaji, untuk tindakan rasional instrumental dapat di wujudkan dengan memberikan modal untuk membuka usaha dan mangajak memberikan santunan kepada anak yatim, sedangkan untuk tindakan afektif diwujudkan dengan ditampungnya anak komunitas punk di sanggar dan dijadikannya karyawan di rumah makan, sedangkan untuk tindakan tradisional digambarkan dengan meneruskan apa yang telah dilakukan orang tuannya dalam mengajak anak punk untuk bermain musik rebana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S. 37/14 Kri t
Uncontrolled Keywords: SOCIAL ACTION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Yunas Kristiyanto, 070914068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerwanto, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16360
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item