INOVASI PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS JAGIR KOTA SURABAYA

CINDY ANGGRAENY, 070810178 (2013) INOVASI PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS JAGIR KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-anggraenyc-29676-8.-abstr-k.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-anggraenyc-26317-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan inovasi pelayanan pada Puskesmas Jagir. Berbeda dengan Puskesmas lain di Surbaya, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya Puskesmas Jagir selalu mengalami peningkatan pengunjung setiap tahunnya. Namun, disisi lain penilaian kinerja yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Surabaya terhadap Puskesmas Jagir mengalami penurunan. Dan kemudian penilaian tersebut naik pada tahun 2010. Sehingga dapat diketahui Puskesmas Jagir melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Setelah melakukan inovasi terjadi peningkatan kepuasan pelanggan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya survey kepuasan pelanggan yang terus meningkat. Untuk mengetahui inovasi di Puskesmas Jagir Kota Surabaya, peneliti menggunakan kombinasi dari jenis inovasi Damanpour dan lima atribut inovasi menurut Rogers. Menggunakan metode penelitian kualitatif, tipe penelitian deskriptif, dan lokasi penelitian Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Informan yang diambil adalah petugas dan pasien Puskesmas Jagir. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Puskesmas Jagir melakukan inovasi dalam dua jenis inovasi yaitu inovasi produk/jasa baru dan inovasi proses. Inovasi pelayanan yang dilakukan Puskesmas Jagir juga telah sesuai dengan atribut inovasi dari Rogers. Penerapan inovasi yang dilakukan Puskesmas Jagir berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuannya yaitu dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 01/13 Ang i
Uncontrolled Keywords: Service, Innovation, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CINDY ANGGRAENY, 070810178UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErna Setijaningrum S.IP M.si, S.IP M.siUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16371
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item