PEMERINTAH KOTA DAN PERBAIKAN DAERAH KUMUH (STUDI MENGENAI SIKAP DAN PERAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA TERHADAP PERBAIKAN DAERAH KUMUH DI KELURAHAN TANAH KALIKEDINDING, KECAMATAN KENJERAN, KOTA SURABAYA)

IKE ANDINI, 070810165 (2013) PEMERINTAH KOTA DAN PERBAIKAN DAERAH KUMUH (STUDI MENGENAI SIKAP DAN PERAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA TERHADAP PERBAIKAN DAERAH KUMUH DI KELURAHAN TANAH KALIKEDINDING, KECAMATAN KENJERAN, KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-andiniike-26333-8.abstr-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-andiniike-26333-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

mengakibatkan jumlah masyarakat di kota semakin lama semakin bertambah dan padat. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di masyarakatnya juga tidak kunjung mengalami pertumbuhan yang semakin baik. Kondisi rumah dan kualitas lingkungan yang ada juga semakin lama semakin mengalami penurunan kualitasnya dan munculah daerah-daerah kumuh. Hal ini tidak bisa dibiarkan karena akan membuat masalah baru bagi kehidupan masyarakatnya, untuk itu diperlukan perbaikan yang sifatnya menyeluruh. Perbaikan daerah kumuh tidak bisa hanya dari masyarakatnya saja tetapi diperlukan campur tangan pemerintah. Oleh karena itu diperlukan sikap yang arif dari pemerintah untuk mendukung kebijakan perbaikan daerah kumuh agar tidak bertambah dan melakukan upaya-upaya perbaikan yang bukan hanya fisik rumah dan lingkungan saja melainkan bina manusia dan bina ekonomi juga. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sikap dan peran Pemerintah Kota Surabaya terhadap perbaikan daerah kumuh di Kelurahan Tanah Kalikedinding, Surabaya. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara serta penggunaan dokumen sebagai sumber data skunder. Wawancara secara langsung dilakukan terhadap 12 key informan, yang terdiri dari pejabat di Pemerintah kota dan masyarakat daerah kumuh penerima Program RSDK (Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh). Penelitian ini menemukan bahwa pemerintah sudah menunjukan sikap mendukungnya perbaikan daerah kumuh melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat dan peran yang pemerintah lakukan sudah cukup baik dalam hal pembuatan kebijakan, pemberdayaan dan pemberian pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 04/13 And p
Uncontrolled Keywords: Slums, Improvement, Government
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2338 Taxation of government property
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ7461-7980 Expenditures. Government spending
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IKE ANDINI, 070810165UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDrs. Roestoto Hartojo Putro, SU, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item