Evaluasi Kebijakan Sidoarjo Kota Ramah Anak (SiKaRA) di Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo

Muhammad Irawan Prasetyo, 070517866 (2013) Evaluasi Kebijakan Sidoarjo Kota Ramah Anak (SiKaRA) di Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prasetyomu-26346-8.abstr-i.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-prasetyomu-26346-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang evaluasi implementasi kebijakan Sidoarjo Kabupaten Ramah Anak (SiKaRA) dilakukan berdasarkan bahwa anak memiliki hak yang melekat pada diri anak dan merupakan hak asasi manusia. Oleh karena perhatian terhadap kepentingan dan kebutuhan anak juga perlu diperhatikan diantaranya meliputi bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan anak dari tindak kekerasan hingga hak untuk berpendapat dan didengar pendapatnya. Adanya Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Rencana Aksi Sidoarjo Kabupaten Ramah Anak (SiKaRA) sebagai bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mengembangkan model pengintegrasian hak-hak anak dalam nuansa ramah pada kepentingan anak. Hal yang perlu diperhatikan adalah 8 (delapan) prasyarat pengembangan kabupaten ramah anak dan 5 (lima) prinsip-prinsip pelaksanaan kebijakan SiKaRA Fokus dari penelitian ini adalah, kebijakan publik yaitu Rencana Aksi SiKaRA yang tertuang dalam Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2007. Kemudian lingkungan kebijakan yaitu kependudukan; pendidikan; kesehatan; tingkat kekerasan terhadap anak; ketenagakerjaan; informasi dan media masa; pemerintahan, hukum, dan politik; serta lingkungan, keamanan, dan ketertiban. Fokus kedua adalah evaluasi implementasi kebijakan SiKaRA yaitu tujuan dan keluaran program kebijakan; program dan jadwal kegiatan; capaian kegiatan, dan hambatan pelaksanaan kegiatan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari data primer melalui wawancara kepada informan dari BPMPKB, Bagian Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Krembung dan P3A. Sedangkan data sekunder digali dari situs internet, laporan implementasi SiKaRA tahun 2008. Metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 07/13 Pra e
Uncontrolled Keywords: public policy, evaluation policy, child protection, SiKaRA
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Muhammad Irawan Prasetyo, 070517866UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDrs. Gitadi Tegas Supramudyo, Msi, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 02:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item