IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN BALI MANDARA (Studi Deskriptif tentang Faktor-faktor Determinan yang Mempengaruhi Implementasi Program Jaminan Kesehatan Bali Mandara di RSUD Wangaya Denpasar)

DEWA PUTU AGUNG PURWITAYANA, 070810049 (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN BALI MANDARA (Studi Deskriptif tentang Faktor-faktor Determinan yang Mempengaruhi Implementasi Program Jaminan Kesehatan Bali Mandara di RSUD Wangaya Denpasar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-purwitayan-26352-7.abstr-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-purwitayan-26352-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok hidup manusia yang bersifat mutlak. Kesehatan sudah menjadi masalah terpenting di Indonesia. tidak terjaminnya kesehatan merupakan dampak dari kemiskinan sehingga masih banyak masyarakat yang miskin yang belum mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah propinsi Bali mengeluarkan program Jaminan Kesehatan Bali Mandara melalui pemberi pelayanan kesehatan. Salah satunya adalah RSUD Wangaya Denpasar sebagai instansi yang menyediakan pelayanan kesehatan dalam program JKBM merupakan instansi pelayanan kesehatan yang memiliki indeks kepuasan masyarakat yang cukup tinggi di kota Denpasar. namun dalam implementasinya masih ada permasalahan yakni kurangnya fasilitas dan penarikan pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian bagaimana implementasi program jaminan kesehatan Bali Mandara dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program tersebut yang dilakukan oleh RSUD Wangaya Denpasar. Yang melatar belakangi penelitian ini, berdasarkan fakta empiris dimana masih adanya kendala-kendala dalam pelaksanaan program tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan sumber data dokumen dan penelusuran data online. Hasil yang didapatkan dari kesimpulan ini menunjukkan bahwa impelementasi program JKBM di RSUD Wangaya sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Tetapi dalam implementasinya terdapat kendala, yakni dalam verifikasi peserta dan sumberdaya fasilitas. Dalam penelitian ini juga meneliti tentang factor-faktor yang mempengaruhi implementasi program JKBM di RSUD Wangaya. Faktor sumberdaya dan dukungan kelompok sasaran dirasa menjadi faktor yang dominan berpengaruh dalam pelaksanaan program JKBM di RSUD Wangaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 08/13 Pur i
Uncontrolled Keywords: implementation of the programme, Agency's healthcare
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
DEWA PUTU AGUNG PURWITAYANA, 070810049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra. R. Wahyuni Triana,MSi, Dra., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item