KINERJA ORGANISASI (Studi Deskriptif Tentang Kinerja Organisasi dalam Peningkatan Pelayanan Publik di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung Kota Surabaya)

OTOVINUR DWI CHANTIKA, 070810550 (2013) KINERJA ORGANISASI (Studi Deskriptif Tentang Kinerja Organisasi dalam Peningkatan Pelayanan Publik di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-chantikaot-26394-7.abstr-k.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-chantikaot-26394-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengujian berkala kendaraan bermotor merupakan salah satu sektor pelayanan publik yang berperan penting dalam menunjang kelancaran mobilitas masyarakat untuk beraktivitas di sektor-sektor lain. UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor secara berkala melakukan uji kelayakan terhadap kendaraan-kendaraan umum bermotor di Kota Surabaya. Untuk itu penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan bagaimanakah kinerja UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung dalam pelaksanaan uji kelayakan berkala kendaraan bermotor dan faktor-fakto pendukung dan penghambat yang mempengaruhinya Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian dilakukan di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung. Penentuan informan dipilih dengan teknik purposive sampling atau sampling bertujuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan dilakukan secara kualitatif, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Penelitian ini menemukan bahwa kinerja UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator responsibilitas yang sudah baik, kualitas layanan yang sudah sesuai dengan yang diharapkan masyarakat serta produktivitas dalam pengelolaan pendapatan retribusi yang sudah optimal. Namun, dalam hal responsivitas, kinerja UPTD Pengujian kendaraan bermotor masih belum optimal karena kurangnya daya tanggap UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor dalam mengenali kebutuhan wajib uji. Faktor pendorong kinerja terdiri dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dukungan pemimpin serta sistem informasi manajemen. Sedangkan faktor peghambat terdiri dari terbatasnya dana anggaran, struktur organisasi, minimnya sosialisasi dan kesadaran wajib uji yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 15/13 Cha k
Uncontrolled Keywords: Organization Performance, Public Service
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
OTOVINUR DWI CHANTIKA, 070810550UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item