DUKUNGAN INDONESIA TERHADAP ASEAN CONNECTIVITY DALAM PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME

PUTRI PERWIRA, 070912006 (2013) DUKUNGAN INDONESIA TERHADAP ASEAN CONNECTIVITY DALAM PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-perwiraput-28050-11.abst-k.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-perwiraput-28050-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ASEAN Connectivity merupakan elemen penting dalam pembangunan ASEAN Community 2015. Konektivitas menjadi poin utama yang mendasari interaksi, baik antarnegara anggota ASEAN, maupun antara negara anggota dan negara lain di luar ASEAN. Masterplan dan strategi peningkatan konektivitas ASEAN telah dibentuk dan diratifikasi oleh seluruh negara anggota, termasuk Indonesia. Persoalannya adalah ketika masterplan yang menjadi panduan pelaksanaan konektivitas ternyata cenderung kurang mengakomodasi kepentingan negara anggotanya, sepertinya tidak ada alasan untuk tetap mendukung ASEAN Connectivity. Namun kenyataannya dukungan tetap diberikan oleh Indonesia demi terselenggaranya konektivitas yang akan menguatkan integrasi ASEAN Community. Kondisi ini menggelitik penulis untuk mencari tahu motivasi Indonesia dalam mendukung ASEAN Connectivity. Penelitian eksplanatif berdasarkan teori konstruktivisme dilakukan agar dapat menjelaskan alasan negara tetap berada dalam integrasi meski kepentingannya kurang terakomodasi. Simpulan yang dihasilkan adalah redefinisi kebijakan Indonesia pada identitas ASEAN yang menyadari pentingnya identitas kolektif mampu mengubah paradigma Indonesia terhadap kebijakannya dalam ASEAN untuk menjunjung kepentingan bersama di samping tetap mempertahankan kepentingan fundamental Indonesia. Implikasinya, meskipun Indonesia tidak memperoleh keuntungan material yang optimal dari ASEAN Connectivity, Indonesia tetap mendukungnya atas dasar persamaan identitas kolektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 24/13 Per d
Uncontrolled Keywords: ASEAN CONNECTIVITY
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PUTRI PERWIRA, 070912006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMochamad Yunus, S.IP., M.A., S.IP., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 11 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 08:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16393
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item