BILATERAL FREE TRADE : HUBUNGAN PERDAGANGAN INDONESIA-CHINA DALAM KERANGKA ACFTA

ARISA PERMATA SIWI, 070912091 (2013) BILATERAL FREE TRADE : HUBUNGAN PERDAGANGAN INDONESIA-CHINA DALAM KERANGKA ACFTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-siwiarisap-28102-9.abstr-k.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-siwiarisap-28102-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya perencanaan dalam kesatuan bidang ekonomi ASEAN, yaitu integrasi ekonomi yang diharapkan tercapai pada tahun 2015, salah satunya diwujudkan melalui penerapan kegiatan perdagangan bebas atau free trade oleh ASEAN. Penerapan free trade yang dilakukan tidak hanya dengan negara-negara ASEAN saja, melainkan juga dengan negara-negara diluar kawasan ASEAN seperti salah satunya ialah dengan Cina. Penerapan free trade yang dilakukan oleh ASEAN dengan Cina ini dikenal dengan sebutan ACFTA (ASEAN China Free Trade Area). Tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian negara masing-masing Namun tidak sama halnya dengan Indonesia. Implementasi ACFTA di Indonesia dengan didasarkan pada neraca perdagangan menunjukan angka defisit untuk Indonesia dan banyak mendapatkan tentangan dari masyarakat, seperti para pengusaha, buruh, dan sebagainya yang menganggap dengan adanya ACFTA membawa dampak negatif bagi perekonomian Indonesia. Akan tetapi, Indonesia sendiri hingga saat ini masih tetap mengimplementasikan ACFTA walaupun ada berbagai macam persoalan didalam pelaksanaannya tersebut. Maka dari itu dapat ditarik suatu rumusan permasalahan mengapa Indonesia tetap mengimplementasikan ACFTA meskipun dalam pelaksanaannya muncul berbagai macam persoalan. Untuk dapat menjawab rumusan permasalahan tersebut maka dibutuhkan kerangka pemikiran yang menghubungkan perdagangan internasional dalam kaitannya dengan free trade dan mitra dagang yang mempengaruhi kegiatan perdagangan suatu negara dalam hal ini ialah antara Indonesia dan China dalam kerangka ACFTA. Dari kerangka pemikiran yang digunakan dapat ditarik suatu jawaban bahwa Indonesia tetap mengimplementasikan ACFTA karena meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dengan mitra dagang China melalui prinsip perdagangan bebas (bilateral free trade) yang ada dalam kesepakatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 54/13 Siw b
Uncontrolled Keywords: PERDAGANGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARISA PERMATA SIWI, 070912091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMoch. Yunus, MAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 08:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16423
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item