PENGARUH KEBIJAKAN SERTIFIKASI ECOLABEL UNI EROPA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK KOMPUTER PERUSAHAAN ASUSTEK COMPUTER INC. DI KAWASAN UNI EROPA TAHUN 2008-2012

PRIMA AJI NOVALIANTO, 070912100 (2013) PENGARUH KEBIJAKAN SERTIFIKASI ECOLABEL UNI EROPA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK KOMPUTER PERUSAHAAN ASUSTEK COMPUTER INC. DI KAWASAN UNI EROPA TAHUN 2008-2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-novalianto-28104-9.abstr-k.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-novalianto-28104-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel yang diterapkan oleh Uni Eropa terhadap tingkat penjualan produk komputer perusahaan Asustek Computer Inc. di kawasan Uni Eropa tahun 2008-2012. Salah satu kebijakan yang terapkan di Uni Eropa sebagai respon atas krisis lingkungan yang terjadi saat ini adalah kebijakan sertifikasi ecolabel. Saat ini, kebijakan sertifikasi ecolabel ini juga mulai diterapkan oleh negara-negara di dunia dalam memberikan referensi produk yang ramah lingkungan. Meskipun, kebijakan sertifikasi ecolabel tersebut mendapatkan kritikan dari para kaum akademik yang menyebutkan bahwa kebijakan sertifikasi ecolabel tidak efektif memberikan kontribusi yang jelas dalam memperbaiki kondisi lingkungan, adanya kebijakan sertifikasi ecolabel tersebut justru menjadi peluang bisnis bagi perusahaan-perusahaan multinasional yang menjalankan aktifitas bisnis mereka dengan menggunakan pemasaran hijau. Asustek Computer Inc. atau yang lebih dikenal dengan ASUS merupakan salah satu perusahaan multinasional yang bergerak dibidang teknologi komputer yang menggunakan pemasaran hijau sebagai inti dari aktifitas bisnis perusahaan. Pada tahun 2008, ASUS menerima ecolabel dalam kategori komputer yang pertama di Uni Eropa. Setelah menerima pengakuan ecolabel dari kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa di tahun 2008, market share dan omzet penjualan produk komputer ASUS di pasar internal Uni Eropa mulai meningkat dari tahun 2008 dan terus mengalami peningkatan di tahun 2012. Pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel di Uni Eropa merupakan permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa terhadap peningkatan penjualan produk komputer perusahaan ASUS di pasar internal Uni Eropa tahun 2008-2012. Permasalahan tersebut kemudian dianalisis menggunakan konsep kebijakan sertifikasi ecolabel dalam bisnis internasional dan perilaku perusahaan multinasional terhadap kebijakan sertifikasi ecolabel. Berdasarkan temuan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kebijakan sertifikasi ecolabel Uni Eropa berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk ASUS dengan menciptakan lingkungan bisnis yang memberikan peluang bisnis bagi perusahaan ASUS yang menerapkan pemasaran hijau dalam meningkatkan penjualan produk komputer mereka di Uni Eropa di tahun 2008-2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 56/13 Nov p
Uncontrolled Keywords: KEBIJAKAN SERTIFIKASI ECOLABEL
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
PRIMA AJI NOVALIANTO, 070912100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yunus, S.I.P., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 08:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item