KONEKSI AL-QAEDA DAN AQIM DI MALI UTARA: IDEOLOGI, JARINGAN, DAN AKTIVISME

FANNY ANGELIA, 070912010 (2013) KONEKSI AL-QAEDA DAN AQIM DI MALI UTARA: IDEOLOGI, JARINGAN, DAN AKTIVISME. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-angeliafan-28114-10.abst-k.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-angeliafan-28114-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi koneksi antara gerakan transnasional yang dilakukan Al-Qaeda dan kelompok politik keagamaan lokal, AQIM (Al-Qaeda in the Islamic Maghreb) yang terindikasi melakukan aksi provokatif terhadap pemerintah nasional Mali yang berdaulat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya indikasi Al-Qaeda akan menjadikan konflik Mali yang telah terjadi selama puluhan tahun menjadi perang Afghanistan jilid II. Indikasi ini kemudian ditambah dengan fakta adanya sebuah kelompok politik keagamaan lokal yang beroperasi di beberapa wilayah lintas batas kenegaraan dari Afrika Utara hingga ke wilayah Afrika Barat sepanjang wilayah gurun Sahara. AQIM terbentuk di tahun 2007 sebagai sebuah cabang dari Al-Qaeda, namun bertahun-tahun sebelumnya sepak terjang kelompok ini telah terjadi meski belum berganti nama menjadi AQIM. Pertanyaan yang penulis ajukan pada penelitian ini adalah dalam konteks apa sajakah koneksi AQIM dan Al-Qaeda terjadi. Argumen yang dihadirkan adalah naiknya isu-isu keagamaan pasca dominasi Barat membawa misi bagi kelompok-kelompok fundamentalis keagamaan untuk kembali menunjukkan eksistensinya, dengan menunjukkan berbagai macam mode aksi-aksi baik di level lokal maupun transnasional. Jaringan sosial juga berperan dalam memperkokoh bentuk-bentuk institusi kelompok semacam ini, melalui poros-poros jaringan yang kokoh aliran informasi akan berjalan dengan lancar yang mempermudah dalam upaya-upaya membentuk sebuah propaganda untuk menarik atensi banyak orang dan menebar rasa takut. Proses transmisi ideologi-ideologi dasar yang digunakan oleh AQIM juga menjadi sebuah daya tarik khusus dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 58/13 Ang k
Uncontrolled Keywords: IDEOLOGI; JARINGAN; DAN AKTIVISME
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN30-39 The church and social problems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
FANNY ANGELIA, 070912010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI Gede Wahyu Wicaksana, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 09:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16427
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item