ANALISIS ATRIBUT BUDAYA NASIONAL DALAM PROMOSI ONLINE TOSHIBA CORPORATION

ANITA KURNIA RACHMAWATI, 071012063 (2013) ANALISIS ATRIBUT BUDAYA NASIONAL DALAM PROMOSI ONLINE TOSHIBA CORPORATION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rachmawati-28122-9.abstr-k.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-rachmawati-28122-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak awal ditemukannya world wide web pada 1990-an sampai saat ini ditemukan perubahan pada pola-pola promosi perusahaan yang dilakukan melalui halaman situs online mereka. Sejak 1998 hingga 2008 terbukti bahwa tingkat signifikansi budaya negara asal pada halaman situs online perusahaan internasional mulai berkurang. Selain itu ditemukan juga pergerakaan menuju homogenitas dimana budaya yang ditunjukkan dengan beberapa indikator dalam situs online perusahaan mulai serupa satu dengan yang lain sehingga tren promosi online perusahaan semakin universal. Namun ternyata terdapat beberapa perusahaan internasional besar yang tidak serta merta mengikuti tren ini, salah satunya yang akan dibahas dalam penelitian kali ini adalah Toshiba Co. yang masih jelas menggunakan halaman situs online yang berkarakter Jepang sesuai budaya negara asal perusahannya. Fenomena ini kemudian menghadirkan pertanyaan mengenai perlu atau tidaknya perusahaan internasional mengembangkan halaman situs online serta yang serupa dengan tren yang ada dan berkarakter universal demi kemajuan perusahaan. Penelitian kali ini membahas mengenai alasan dibalik keputusan Toshiba Co. untuk tetap menggunakan desain situs online sesuai karakter budaya Jepang dan Asia. Penelitian ini dibantu dengan teori mengenai strategi regional yang menunjukkan keefektifan aktivitas perusahaan apabila difokuskan pada segmen geografis tertentu dan teori terkait regionalisasi ekonomi yang mendorong keuntungan apabila perusahaan fokus pada regional asal perusahaan. Melalui data yang dihimpun ditemukan bahwa regionalisasi memberikan lingkungan bisnis yang menguntungkan di Asia sehingga Toshiba menjadikan Asia sebagai fokus kegiatan bisnisnya. Dengan demikian maka promosi online-nya juga difokuskan untuk memenuhi kebutuhan pasar utamanya tersebut. Pemilihan Jepang dan Asia sebagai fokus pasar Toshiba didasari oleh fenomena regionalisasi ekonomi yang memusatkan kegiatan bisnis dan ekonomi di kawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 65/13 Rac a
Uncontrolled Keywords: BUDAYA NASIONAL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANITA KURNIA RACHMAWATI, 071012063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Muttaqien, MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 10:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item