FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NILAI NON-INTERVENSI PADA ORGANIZATION OF AFRICAN UNITY (OAU)

RIZKA ROZALINE, 070912098 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NILAI NON-INTERVENSI PADA ORGANIZATION OF AFRICAN UNITY (OAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rozalineri-28123-10.abst-k.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-rozalineri-28123-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Organisasi regional pemerintahan Afrika, pertama kali dibentuk pada 1963 yaitu Organisation of African Unity (OAU) yang mencakup semua negara merdeka. OAU terdiri dari negara anggota yang sebelumnya berada dalam penindasan kolonialisme negara Eropa. Latar belakang penjajahan ini menimbulkan bekas yang mendalam bagi benua Afrika akan intervensi negara lain dalam wilayahnya. Trauma akan campur tangan aktor eksternal akhirnya membentuk prinsip dasar OAU yaitu non-intervensi, di mana OAU melarang setiap negara anggotanya untuk ikut terlibat dalam permasalahan internal negara lain. Prinsip intervensi tersebut akhirnya mengantarkan OAU dalam ketidakefektifan. OAU menjadi pasif dalam merespon setiap konflik dan permasalahan dalam kawasan benua. Pihak eksternalpun melihat ini sebagai kesempatan dan memanfaatkannya dengan melakukan intervensi di negara-negara Afrika. Hingga akhirnya pada tahun 2002, OAU memutuskan untuk mengganti prinsipnya menjadi intervensi pada AU. Perubahan tersebut menjadi fokus penulis untuk mencari tahu alasan OAU merubah prinsip dasar non-intervensinya menjadi intervensi. Penulis menggunakan teori failed state and post-westphalian, teori regime transformation, dan teori external influence on regionalism untuk penelitian ini dengan hipotesisnya adalah perubahan prinsip didasari karena dua faktor yaitu internal dan eksternal. Dari sisi internal: liberalisasi benua, demokrasi Afrika, dan krisis kemanusiaan. Sedangkan dari sisi eksternal: keterlibatan PBB dan intervensi negara superpower pada perang dingin menjadi pemicu perubahan prinsip non-intervensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 66/13 Roz f
Uncontrolled Keywords: NON-INTERVENSI
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA ROZALINE, 070912098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSartika Soesilowati, MA Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 10:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16435
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item