PENGARUH ASEAN ECONOMIC COMMUNITY TERHADAP STRATEGI AKUISISI YANG DILAKUKAN MAYBANK KE BII

RATNA DESI PRIHANDINI, 070912071 (2013) PENGARUH ASEAN ECONOMIC COMMUNITY TERHADAP STRATEGI AKUISISI YANG DILAKUKAN MAYBANK KE BII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prihandini-28125-10.abst-k.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-prihandini-28125-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rencana integrasi ASEAN melalui ASEAN Economic Community yang bertujuan untuk dapat mencapai integrasi ekonomi berdampak pada perubahan bukan hanya pada perubahan di pemerintahan dan politik saja, namun juga berdampak pada dunia bisnis dan ekonomi. Integrasi ekonomi ini akan membuat adanya satu pasar bebas di ASEAN yang mana tentu akan meningkatkan tingkat kompetisi perusahaan. Integrasi ekonomi ini mendapat respon bukan hanya dari negara, tetapi juga dari perusahaan. Respon dari negara dapat berupa perubahan regulasi dan perubahan kebijakan untuk dapat menyesuaikan pada rencana integrasi yang mana selalu diiringani dengan standardisasi. Untuk dapat mencapai integrasi ekonomi, maka dibuatlah AEC Blueprint yang berisi pilar-pilar yang akan membantu terlaksananya integrasi ekonomi tersebut. Namun, bukan hanya negara yang harus menyesuaikan diri dengan adanya AEC ini, tetapi perusahaan juga. Maybank sebagai suatu perusahaan multinasional juga melakukan suatu perubahan. Maybank memutuskan untuk mengakuisisi salah satu bank di Indonesia yaitu BII. Akuisisi yang dilakukan Maybank ini merupakan akuisisi mayoritas, dimana Maybank mengakuisisi hampir semua saham BII. Maybank juga membeli saham tersebut dengan harga diatas rata-rata dari harga saham BII. Berdasar hal tersebut dapat ditarik suatu permasalahan yaitu bagaimanakah AEC ini dapat mempengaruhi tindakan Maybank untuk mengakuisisi BII. Untuk dapat menjawab rumusan masalah tersebut maka digunakan kerangka pemikiran yang mana menghubungkan antara strategi suatu perusahaan tentang opportunity dan risk dengan lingkungan yang berubah. Dengan kerangka pemikiran tersebut maka dapat diperoleh suatu hipotesis yaitu adanya perubahan lingkungan kompetisi dari rencana terbentuknya integrasi ASEAN membuat akuisisi BII sangat strategis bagi Maybank untuk mencapai strategi perusahaannya sebagai bank terbesar di ASEAN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ASEAN Economic Community dapat mempengaruhi akuisisi Maybank terhadap BII melalui peningkatan opportunity dan risk sehingga menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif untuk menerapkan strategi akuisisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 68/13 Pri p
Uncontrolled Keywords: ASEAN ECONOMIC COMMUNITY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1021-1027 Commercial geography. Economic geography
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
RATNA DESI PRIHANDINI, 070912071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yunus, MAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 10:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item