PENGARUH KRISIS EKONOMI GLOBAL TERHADAP EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Daniela S Tumbelaka, 07061014 (2013) PENGARUH KRISIS EKONOMI GLOBAL TERHADAP EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-tumbelakad-28168-10.abst-k.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-tumbelakad-28168-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap negara di dunia berinteraksi dengan negara lainnya. Negara-negara melakukan hubungan kerja sama di berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi. Dengan sistem perekonomian yang terbuka, arus perpindahan barang, modal, jasa dan individu semakin besar dan lebih dimudahkan dengan kemajuan teknologi. Hal ini juga mendukung perdagangan internasional. Kegiatan ekspor impor dilakukan berbagai negara. Dalam perkembangannya negara-negara memiliki keterkaitan ekonomi, mereka saling bergantung dalam melakukan perdagangan internasional. Hubungan dagang dengan negara lain dilakukan demi menopang perekonomian negaranya. Kondisi perekonomian dunia sangat berpengaruh dalam perdagangan internasional. Begitu pula saat krisis ekonomi global muncul perdagangan internasional terkena dampaknya. Krisis ekonomi global bermula pada krisis Subprime Mortgage di Amerika Serikat memberikan efek domino ke berbagai negara di dunia, khususnya negara-negara yang perekonomiannya memiliki keterkaitan dengan perekonomian Amerika Serikat. Perlambatan pertumbuhan ekonomi di berbagai negara terjadi. Selain melalui jalur finansial, krisis ekonomi global juga masuk melalui jalur perdagangan. Perdagangan Indonesia pun mengalami dampaknya. Tekstil dan produk tekstil yang menjadi salah satu produk ekspor andalan Indonesia ikut mengalami penurunan antara periode 2008-2009. Pada tulisan ini akan dibahas bagaimana krisis ekonomi global memberikan pengaruh terhadap ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI 69/13 Tum p
Uncontrolled Keywords: KRISIS EKONOMI GLOBAL
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4700-4705 Government measures in time of war, national emergency, or economic crisis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Daniela S Tumbelaka, 07061014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjar Triharso, MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 18 Nov 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 01:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item