KONSTRUKSI IDENTITAS SOSIAL PERGURUAN PENCAK SILAT PENCAK ORGANISASI, RANTING KECAMATAN SIDOARJO, KABUPATEN SIDOARJO

ADITYA MAHENDRA PUTRA, 070810024 (2013) KONSTRUKSI IDENTITAS SOSIAL PERGURUAN PENCAK SILAT PENCAK ORGANISASI, RANTING KECAMATAN SIDOARJO, KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-putraadity-28251-6.abstr-k.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-putraadity-28251-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencak silat merupakan seni beladiri Bangsa Indonesia yang merupakan warisan leluhur. Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia turut memberi warna dalam bentuk variasi identitas yang dimiliki masing-masing perguruan pencak silat. Ciri-ciri identitas yang dimiliki suatu perguruan pencak silat dipahami dan dimaknai bersama oleh para pesilatnya, begitu pula yang terjadi dalam Perguruan Pencak Organisasi. Identitas suatu perguruan pencak silat dianggap sangat penting oleh para pesilatnya. Untuk itu, para pesilat yang ada di suatu perguruan berusaha menjalankan dan menjaga identitas yang melekat tersebut begitu pula yang terjadi pada Perguruan Pencak Organisasi. penelitian yang mefokuskan di Perguruan Pencak Organisasi ranting Kabupaten Sidoarjo ini berusaha mengungkap bentuk-bentuk konstruksi identitas sosial yang ada di Perguruan Pencak Organisasi. Selain itu, proses-proses sosialisasi terkait pengkonstruksian identitas Perguruan Pencak Organisasi terhadap para pesilatnya dijabarkan sesuai dari temuan data yang ada. Dalam proses penulisan penelitian ini, metode yang digunakan dengan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data primer digunakan metode wawancara mendalam (indepth interview) terhadap para informan yang telah ditentukan terlebih dahulu dan metode observasi. Selain itu, peneliti mengumpulkan data sekunder yang berupa bacaan teks yang kemudian diterakan dalam daftar pustaka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, bentuk-bentuk konstruksi identitas pesilat yang ada dalam Perguruan Pencak Organisasi berdasarkan istilah status keanggotaan dan tingkatan keanggotaan berdasarkan warna sabuk. Dari kedua hal tersebut akan mempengaruhi hak dan kewajiban seorang pesilat. Sosialisasi terkait pengkonstruksian identitas Perguruan Pencak Organisasi dilakukan melalui beberapa proses. Melalui acara Pendidikan dan Latihan (Diklat), merupakan salah satu cara dalam penanaman konstruksi identitas perguruan kepada anggota baru. Berdasarkan temuan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa konstruksi identitas pesilat Perguruan Pencak Organisasi secara umum dilihat dari tingkatan warna sabuk yang dimiliki. Dari tingkatan keanggotaan berdasarkan warna sabuk tersebut akan mempengaruhi istilah dan status keanggotaan seorang pesilat. Proses-proses sosialisasi terkait dengan konstruksi identitas perguruan terhadap anggota, ditanamkan sejak seorang anggota pertama kali bergabung dengan pemberian materi yang umum terkait dengan Perguruan Pencak Organisasi. Peran senior, pelatih, dan pendekar menjadi sangat penting dalam penanaman konstruksi identitas perguruan kepada para anggota baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT 17/13 Put k
Uncontrolled Keywords: PERGURUAN PENCAK SILAT
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA MAHENDRA PUTRA, 070810024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Kinasih, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16441
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item