PROGRAM BERITA POJOK KAMPUNG (Studi Deskriptif Simbol dan Makna Boso Suroboyoan pada Program Berita Pojok Kampung di JTV)

Mohamad Febryansyah Yugo Saputra, 070917037 (2013) PROGRAM BERITA POJOK KAMPUNG (Studi Deskriptif Simbol dan Makna Boso Suroboyoan pada Program Berita Pojok Kampung di JTV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-saputramoh-28274-6.abstr-k.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FISIP5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

komponen lainnya dalam unsur kebudayaan yang dapat ditemukan tiap-tiap bangsa di dunia. definisi dapat dikerucutkan pada studi Antropologi dengan disiplin ilmu Etnografi dan Linguistik dengan kajian latar belakang masalah tentang pengertian makna dan simbol dalam sebuah bahasa. Di Indonesia akan menjadi berbeda-beda karena terpisah berdasarkan kondisi geografis tiap-tiap daerah dan juga struktur lapisan sosial masyarakat. Dalam bahasa Jawa, perbedaan antara bahasa Jawa yang diucapkan oleh orang Jawa di Purwokerto dengan orang Jawa yang ada di Surabaya pasti sangat berbeda. Bahasa khas di Surabaya dikenal dengan Boso Suroboyoan, terbentuk atas dasar kesamaan beberapa individu dalam satu komunitas atau wilayah yang sama. Ciri Boso Suroboyoan bersifat egaliter (sama atau sejajar) yang dimaksud adalah pemakaian bahasa ini tidak mengenal perbedaan usia, perbedaan status ekonomi dan status sosial. Kemudian Boso Suroboyoan dipakai dalam Program berita Pojok Kampung di televisi lokal JTV. Dengan kemunculannya ternyata menimbulkan reaksi positif dan negatif dari para pemirsa. Setelah dikaji dan dianalisa menggunakan teori strukturalisme dan hermeneutik menghasilkan sebuah data bahwa dalam penyampaiannya, Pojok Kampung menggunakan tiga aspek dalam konsep pembuatannya. Yaitu memunculkan Boso Suroboyoan yang dulu pernah ada kemudian sempat hilang, aspek yang kedua meneruskan bahasa yang ada dari jaman dahulu sampai sekarang. Dan yang terakhir adalah membuat kata-kata baru dalam Boso Suroboyoan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT 30/13 Sap p
Uncontrolled Keywords: BERITA POJOK KAMPUNG
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
P Language and Literature
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Mohamad Febryansyah Yugo Saputra, 070917037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16453
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item