INOVASI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Deskriptif tentang Penerapan Program Drive Thru Pembayaran Pajak Kendaraan dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik)

FAJAR MUHARIA, 070810119 (2013) INOVASI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Deskriptif tentang Penerapan Program Drive Thru Pembayaran Pajak Kendaraan dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-muhariafaj-28335-6.abstr-k.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Drive Thru merupakan suatu program inovasi yang di keluarkan oleh POLRI guna meningkatkan pelayanan publik yang berwawasan good governance. Program ini diterapkan di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik. Sebelum adanya program Drive Thru ini telah terjadi permasalahan pelayanan publik dalam urusan pembayaran pajak kendaraan di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik. hal ini yang mengindikasikan pelayanan publik di SAMSAT Gresik perlu ditingkatkan melalui program inovasi berupa Drive Thru pembayaran pajak kendaraan. Pemerintah telah mengeluarkan dasar hukum melalui Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat inovasi penerapan program Drive Thru dan menjelaskan tentang penerapan program Drive Thru dalam peningkatan pelayanan publik di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik. Teori yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah teori pelayanan publik serta teori tentang inovasi. lokasi penelitian ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian adalah deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling (untuk petugas pemberi layanan Drive Thru) dan accidental sampling (untuk pengguna layanan Drive Thru) dan selanjutnya dikembangkan dengan menggunakan teknik snowball. Data yang diperoleh melalui observasi, proses wawancara, dokumen sumber data dan pencarian data online. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang valid. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan mengkaji semua data yang tersedia diperoleh melalui wawancara mendalam dan menggunakan dokumen sumber data kemudian dikombinasikan dan dikelompokkan atau mengidentifikasi satu set hubungan data. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan rumusan masalah yang diajukan, yang pertama adalah tingkat inovasi penerapan program drive Thru dalam peningkatan pelayanan publik di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik. Berdasarkan tipologi inovasi penerapan program Drive Thru ini termasuk dalam tipologi inovasi metode pelayanan, lalu berdasarkan level inovasi penerapanprogram Drive Thru termasuk dalam level inkremental dan berdasarkan kategori inovasi penerapan program Drive Thru ini termasuk dalam kategori sustaining innovation atau inovasi terusan. Dan rumusan masalah yang kedua adalah penerapan program Drive Thru pembayaran pajak dalam peningkatan pelayanan publikdi Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Gresik. Penerapan program Drive Thru untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan khusus pengesahan STNK, pembayaran PKB dan SWDDKLLJ. Melayani roda dua dan empat, melayani kendaraan bermotor yang identifikasinya sama dengan STNK yang digunakan pada saat pendaftaran dan tidak melayani kendaraan dengan status blokir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.28/13 Muh i
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN PUBLIK
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FAJAR MUHARIA, 070810119UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH. Jusuf Irianto, Prof. Dr., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 04:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item