EFEKTIVITAS PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MENGEMBANGKAN USAHA DEBITUR KUR SEGMEN MIKRO BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) KC BOJONEGORO

YURIS IKHROMAWATI, 070710220 (2013) EFEKTIVITAS PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MENGEMBANGKAN USAHA DEBITUR KUR SEGMEN MIKRO BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) KC BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ikhromawat-28339-5.abstr-i.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah negara berkembang yang saat ini sedang melaksanakan pembangunan di berbagai bidang. Salah satunya adalah perkembangan di bidang ekonomi dengan menyediakan fasilitas pembiayaan modal kerja atau investasi untuk mendorong perkembangan usaha mikro yang berperan penting dalam menyokong perekonomian nasional. Program ini dikenal sebagai Program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program penyaluran kredit modal kerja atau investasi kepada UMKMK di bidang usaha yang produktif dan layak namun belum bankable yang sebagian dijamin oleh perusahaan penjamin. Pencapaian tujuan berkaitan dengan efektivitas program sehingga penelitian yang berjudul “Efektivitas Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam Mengembangkan Usaha Debitur KUR Segmen Mikro” bertujuan untuk mengetahui apakah Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah efektif dalam mengembangkan usaha debitur KUR segmen mikro di BSM KC Bojonegoro. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi (pengamatan) pendahuluan, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi, dan dengan menggunakan teori-teori mengenai program, efektivitas program dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi program. Hasil temuan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di BSM KC Bojonegoro dinilai sudah efektif dalam mendorong perkembangan usaha debitur KUR segmen mikro. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya usaha debitur setelah memanfaatkan program KUR khususnya untuk usaha mikro yang bergerak di bidang perdagangan. Sedangkan untuk usaha yang bergerak di bidang pertanian, meskipun belum dapat dikatakan mampu mengembangkan usaha debitur KUR segmen mikro akan tetapi program KUR dinilai telah mampu mendorong usaha debitur agar tetap bisa bertahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.32/13 Ikh e
Uncontrolled Keywords: PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YURIS IKHROMAWATI, 070710220UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAntun Mardiyanta, Dr., Drs, M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 08:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16479
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item