PERAN STAKEHOLDER DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR SUNGAI DI KOTA SURABAYA

GEOVANI RIZKY AMALIA, 070913062 (2013) PERAN STAKEHOLDER DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR SUNGAI DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-amaliageov-28477-6.abstr-k.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air merupakan simbol kehidupan. Hal itu karena semua makhluk hidup membutuhkan air agar bisa bertahan hidup. Karena manfaatnya yang sangat penting itulah maka air perlu dijaga kelestariannya. Akan tetapi, kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh manusia terkadang tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga dampak negatif. Salah satu dampak negatif dari aktifitas pembangunan adalah pencemaran air. Pencemaran air di Kota Surabaya terjadi di tiga daerah aliran sungai yang memiliki fungsi penting bagi warga Surabaya, yaitu Kali Surabaya, Kali Jagir (Wonokromo), dan Kali Mas. Masing-masing memiliki fungsi antara lain sebagai bahan baku pasokan air bersih bagi perusahaan daerah air minum (PDAM) serta tempat pembuangan akhir saluran drainase kota. Secara umum, pencemaran air sungai yang terjadi di Kota Surabaya disebabkan oleh adanya limbah industri dan limbah domestik. Untuk menyelesaikan masalah pencemaran air sungai tersebut, dibutuhkan peran pemerintah kota sebagai stakeholder untuk mengambil keputusan mengenai pengendalian pencemaran air. Dengan menggunakan teori politik hijau, penelitian ini dimaksudkan untuk memahami hubungan antara ekologi dengan politik. Serta melihat peran Pemerintah Kota Surabaya selaku stakeholder dalam merumuskan, menyusun, dan melaksanakan kebijakan-kebijakan terkait dengan pengendalian pencemaran air sungai. Hal ini sesuai dengan asumsi teori politik hijau bahwa penting bagi manusia untuk menempatkan lingkungan sebagai kepentingan bersama serta hak setiap manusia untuk dapat memanfaatkannya, termasuk generasi masa depan. Melindungi lingkungan tidak hanya berguna bagi kita yang saat ini berada didalamnya, tetapi juga melindungi hak generasi masa depan untuk bisa menikmatinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.29/13 Ama p
Uncontrolled Keywords: STAKEHOLDER
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GEOVANI RIZKY AMALIA, 070913062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPriyatmoko, Drs., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 01:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16494
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item