REKAYASA POLITIK TRAYEK ANGKUTAN UMUM PENUMPANG DAN KEBERADAAN TERMINAL BAYANGAN DI KABUPATEN TRENGGALEK

FEBRIANA DYAH AYU KUSUMAWATI, 070913026 (2013) REKAYASA POLITIK TRAYEK ANGKUTAN UMUM PENUMPANG DAN KEBERADAAN TERMINAL BAYANGAN DI KABUPATEN TRENGGALEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-kusumawati-28480-5.abstr-k.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rekayasa atau alih trayek angkutan umum penumpang merupakan wujud manajemen lalu lintas, sebagaimana termasuk sub kajian transportasi. Kebijakan rekayasa atau perubahan rute tersebut dikeluarkan mengatasi permasalahan transportasi berupa pelanggaran, dengan adanya terminal bayangan Tujuannya menertibkan dan menghapus terminal bayangan. Terminal bayangan merupakan simpul illegal, di mana terdapat aktivitas ngetem atau parkir sembarangan oleh moda angkutan MPU. Terkait hal ini memunculkan konsepsi untung-rugi, ada pihak yang diuntungkan dan dirugikan. Pihak yang paling diuntungkan adalah para pedagang kios Terminal Surodakan (resmi), namun juga berdampak bagi stakeholder atau unsur-unsur transportasi, sedangkan yang paling dirugikan adalah pihak awak terminal bayangan. Dalam kerangka teori ekonomi politik, melihat latar belakang dibalik dikeluarkannya kebijakan demikian. Orientasi kepentingan pribadi, merupakan alasan determinan, dari suatu realitas pengeluaran pengaturan berupa kebijakan, dan pointnya ada pihak yang paling sangat diuntungkan, yakni masyarakat terminal, pertimbangan teknis hanya sebagai dasar referensi formal dan rasional, dari segi pembahasan penataan transportasi. Kebijakan hanya berhenti pada tahapan uji coba, dan tidak dilanjutkan sampai sekarang. Memang pernah sempat aksi protes dilakukan oleh masyarakat terminal bayangan, dan cukup berhasil untuk memengaruhi sikap pemerintah dalam menangani kebijakan alih trayek angkutan umum penumpang. Inkonsistensi pemerintah, dikaitkan dengan persoalan implikasi politik, dari dikeluarkannya kebijakan tersebut. Hal-hal yang menyangkut politis sangat kental untuk memengaruhi untuk tidak bertahan pada putusannya, padahal keputusan atas kebijakan itu, sebelumnya tidak lepas dari dasaran kepentingan pribadi (ekonomi politik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.32/13 Kus r
Uncontrolled Keywords: REKAYASA TRAYEK
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE323-328 Transportation geography. Trade routes
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FEBRIANA DYAH AYU KUSUMAWATI, 070913026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Aminah, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 03:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item