Studi Implementasi dan Evaluasi Program Pemerintah Provinsi JawaTimur "Jalin Kesra" Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur (Studi Kasus Desa Wonoayu Kabupaten Sidoarjo)

RAIZZA INTIFADA, 070810088 (2013) Studi Implementasi dan Evaluasi Program Pemerintah Provinsi JawaTimur "Jalin Kesra" Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur (Studi Kasus Desa Wonoayu Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-intifadara-28506-6.abstr-k.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jalin Kesra adalah kebijakan sentralisasi, dimana kebijakan ini berasal dari Gubernur Jawa Timur yaitu Pakde Karwo. Segala prosedur dan mekanisme pelaksanaan dijalankan berdasarkan wewenang dan putusan dari Gubernur melalui Badan Peberdayaan Masyarakat sebagai Satuan Administrasi Pangkal (SATMINKAL) beserta dengan SKPD Eksekutor. Kebijakan ini dijalankan berdasarkan kepatuhan aktor pelaksana Jalin Kesra yaitu Gubernur Jawa Timur terhadap RTSM, dimana kepatuhan ini berpengaruh pada kinerja kelembagaan SKPD Eksekutor dalam mengimplementasikan Jalin Kesra. Dalam implementasi Jalin Kesra, terdapat banyak hal untuk dikaji, mengenai kelembagaan, kepentingan yang terwakili dalam kebijakan serta dampak dari kebijakan Jalin Kesra. Dengan menggunakan teori implementasi Grindle, implementasi dimaknai sebagai upaya dari aktor dalam menjalankan kebijakan sesuai kepentingan yang dimiliki, kepatuhan terhadap lembaga serta perubahan atas dampak kebijakan. Dari penelitian ini, kesimpulan yang didapat yaitu desain kelembagaan dalam mendukung kebijakan ini adalah sentralisasi yang berpusat pada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kepentingan yang terwakili yaitu terdiri dari kepentingan lembaga, aktor, masyarakat, dan pemerintah setempat. serta dampak kebijakan Jalin Kesra yaitu meningkatkan kesejahterahan bagi masyarakat serta meningkatkan citra Gubernur Jawa Timur di mata masyarakat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.48/13 Int s
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program Pemerintah
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1960-1973 Public welfare. Public assistance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
RAIZZA INTIFADA, 070810088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHaryadi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16513
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item