Kehadiran Starbucks di Surabaya Sebagai Ekspansi Gaya Hidup Global

Novitasari Putri Priyanto, 070913027 (2013) Kehadiran Starbucks di Surabaya Sebagai Ekspansi Gaya Hidup Global. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-priyantono-28520-6.abstr-k.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
20.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemunculan neoliberalisme merupakan bentuk dari adanya kapitalisme global, yang lahir dari proses globalisasi, yang saat ini menyerang seluruh negara di dunia. Kehadiran praktik neoliberalisme sudah banyak diterapkan di hampir seluruh negara berkembang yang bermaksud untuk menyelamatkan negaranya dari permasalahan ekonomi karena neoliberalisme dianggap mampu sebagai penyelamat sebuah negara dari permasalahan ekonomi yang mereka hadapi. Salah satu negara berkembang yang juga turut menerapkan sistem ini adalah Indonesia. Penelitian ini mencoba mengungkap praktik neoliberalisme yang terjadi di salah satu kota di Indonesia yakni Surabaya melalui hadirnya perusahaan-perusahaan multinasional seperti starbucks yang hadir disana. Tidak banyak yang menyadari bahwa kehadiran perusahaan-perusahaan multinasional yang dakibatkan oleh adanya globalisasi dan pasar bebas yang terjadi di seluruh dunia dapat menjadi ancaman bagi keberlangsungan sebuah negara. Hadirnya perusahaan-perusahaan multinasional seperti starbucks di Surabaya bukan hanya menjadi ancaman bagi perusahaan-perusahaan lokal yang ada di Surabaya yang menjadi sasaran bagi perusahaan multinasional untuk berekspansi karena kehadirannya yang akan menggerus perusahaan-perusahaan lokal yang tidak mampu untuk bersaing dengan starbucks sebagai sebuah perusahaan multinasional tetapi juga dapat menghilangkan identitas sebuah negara karena ketidakmampuan sebuah negara untuk menolak kehadirannya. Ketidakmampuan pemerintah kota Surabaya serta pemerintah pusat untuk mencegah hadirnya perusahaan-perusahaan multinasional serta ketidakmampuan pemerintah untuk mencegah perusahaan multinasional untuk berkespansi menjadi penyumbang kekhawatiran bagi perusahaan-perusahaan lokal yang ada karena pemerintah memperkecil kesempatan mereka untuk mengembangkan usahanya. Hal ini juga menjadi semacam bukti bahwa pemerintah membiarkan munculnya praktik neoliberalisme di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.57/13 Pri k
Uncontrolled Keywords: Globalisasi ; Starbucks
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Novitasari Putri Priyanto, 070913027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHaryadi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 01:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16522
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item