PERAN DIASPORA CATALAN TERHADAP KONFLIK SEPARATISME CATALONIA-SPANYOL TAHUN 2010-2013

Siti Ardila Merdekawati, 070912029 (2014) PERAN DIASPORA CATALAN TERHADAP KONFLIK SEPARATISME CATALONIA-SPANYOL TAHUN 2010-2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-merdekawat-30415-10.abst-k.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
34.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran diaspora Catalan terhadap konflik separatisme yang sedang terjadi di Catalonia saat ini. Diawali dengan adanya demonstrasi besar di Madrid pada tahun 2010 hingga dilaksanakannya Catalan Way di tahun 2013, penulis ingin mencari apa saja yang telah dilakukan oleh diaspora Catalan dan bagaiman perannya dalam konflik separatisme Catalonia-Spanyol ini. Menurut Yossi Shain dan Aharon Barth bahwa diaspora dapat berperan menjadi aktor yang pasif dan aktif. Peran diaspora dalam konflik tergantung pada beberapa faktor menurut Jacob Bercovitch, antara lain kekuatan dan level organisasi politik di negara tempat tinggal, kemampuannya untuk menggunakan tekanan politik di tempat asal, dan perhatian internasional yang diberikan terhadap konflik tersebut. Berdasarkan pada ukuran tersebut, maka penulis menduga bahwa diaspora Catalan berperan aktif sebagai pendukung kemerdekaan Catalonia karena telah berhasil melakukan mobilisasi massa dengan membuat barisan rantai manusia atau disebut dengan Catalan Way dan membuat situs internet demi menggalang dukungan bagi kemerdekaan Catalonia. Warga Catalan membuat gerakan separatis berupa organisasi-organisasi besar baik politik maupun non-politik yang sengaja dibentuk untuk tujuan meraih kemerdekaan Catalonia. Selain membentuk gerakan separatis berupa organisasi, diaspora Catalan juga membuat beberapa situs internet yang didalamnya berisikan penjelasan mengenai Catalonia baik sejarah maupun keadaannya saat ini yang sedang terlibat konflik separatisme dengan Spanyol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.07/14 Mer p
Uncontrolled Keywords: KONFLIK SEPARATISME
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D901 Europe (General)
J Political Science > JZ International relations
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB480 482 Private international law. Conflict of laws
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Siti Ardila Merdekawati, 070912029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2014 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 06:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16536
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item