PENGARUH IDEOLOGI KIRI BARU (NEW LEFT) TERHADAP PERUBAHAN KEBIJAKAN NEGARA DI SEKTOR ENERGI STUDI KASUS VENEZUELA

KRISNA PURWA ADI WIBAWA, 070912102 (2014) PENGARUH IDEOLOGI KIRI BARU (NEW LEFT) TERHADAP PERUBAHAN KEBIJAKAN NEGARA DI SEKTOR ENERGI STUDI KASUS VENEZUELA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wibawakris-30420-10.abst-k.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
38.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengurai pengaruh ideologi Kiri Baru (New Left) terhadap perubahan kebijakan energi suatu negara. Latar belakang penelitian ini adalah didasarkan pada temuan fenomena menguatnya konsolidasi kepemimpinan Kiri Baru di Amerika Latin pada dekade awal tahun 2000an. Dalam hal ini kemunculan ideologi Kiri Baru tidak lain merupakan manifestasi politik alternatif sebagai respon atas gagalnya proyek Neoliberalisme, yang ditanam Amerika Serikat ke dalam kawasan ini. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana ideologi Kiri Baru mempengaruhi kebijakan energi Venezuela, yakni selama dalam kepemimpinan Hugo Chavez. Dalam penelitian ini, ideologi Kiri Baru dalam konteks Venezuela disebut dalam terminologi Sosialisme Abad ke-21. Permasalahan dianalisis melalui premis-premis dasar ideologi Sosialisme Abad ke-21, dengan di dukung sintesa gagasan Bolivarianisme serta operasionalisasi konsep Blok Historis (Historical Block) Neo-Gramscian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan jangkauan penelitian mulai dari tahun 1999 sampai 2007. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dengan teknik analisis data kualitatif. Hipotesis yang diajukan sebagai jawaban terhadap rumusan masalah penelitian ini adalah bahwa ideologi Kiri Baru mempunyai pengaruh terhadap perubahan kebijakan minyak Venezuela, yakni dalam hal kesejajaran konten gagasan ideologi Kiri Baru dan keterkaitan proses perubahan tersebut dengan dukungan kelompok Kiri Baru. Dalam hal ini perubahan tersebut dapat diukur dari adanya perubahan status kepemilikan perusahaan minyak Venezuela lewat kebijakan nasionalisasi dan renegosiasi, perubahan pada besaran kuota ekspor minyak Venezuela, dan diversifikasi pada pasar ekspor minyak Venezuela.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.11/14 Wib p
Uncontrolled Keywords: KEBIJAKAN NEGARA
Subjects: F History United States, Canada, Latin America > F1201 Latin America (General)
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ163.26-163.5 Energy conservation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
KRISNA PURWA ADI WIBAWA, 070912102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra Hennida, S.IP., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2014 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 09:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16540
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item