FAKTOR SOSIAL DAN EKONOMI SEBAGAI PENYEBAB PENINGKATAN RESPON ANTI-IMIGRAN DI NORWEGIA PERIODE TAHUN 2008-2011

WINDA NURLAILY RAFIKALIA ISKANDAR, 070912019 (2014) FAKTOR SOSIAL DAN EKONOMI SEBAGAI PENYEBAB PENINGKATAN RESPON ANTI-IMIGRAN DI NORWEGIA PERIODE TAHUN 2008-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-iskandarwi-30427-10.abst-k.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
42.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Norwegia merupakan salah satu negara tujuan terbaik bagi para imigran dari Afrika dan Timur Tengah, terbukti dengan jumlah imigran yang terus meningkat dari tahun ke tahun baik untuk mencari lapangan kerja maupun pencari suaka. Pemerintah Norwegia sangat terbuka dengan kehadiran para buruh imigran karena dianggap dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi negaranya. Ternyata banyaknya para imigran yang datang ke wilayah tersebut di sisi lain meningkatkan jumlah kekecewaan masyarakat Norwegia terhadap pemerintah yang berkuasa. Kekecewaan tersebut ditunjukkan dengan adanya sikap diskriminasi serta protes anti-imigran. Berdasarkan situasi yang ada tersebut, peneliti bermaksud untuk mengetahui bagaimana meningkatnya respon anti-imigran di Norwegia dapat terjadi sedangkan di sisi lain Pemerintah Norwegia berupaya terbuka terhadap kehadiran para imigran. Permasalahan tersebut dianalisis menggunakan faktor sosial ekonomi sebagai penyebab utama munculnya respon anti-imigran. Dalam faktor sosial, terdapat kekhawatiran terancamnya identitas nasional serta masih adanya yang berpandangan xenophobia terhadap imigran muslim. Sedangkan dalam faktor ekonomi, terdapat kekhawatiran terancamnya economic security yang berupa lapangan kerja masyarakat Norwegia. Berdasarkan analisis data tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa adanya respon anti-imigran disebabkan oleh adanya kekhawatiran terancamnya identitas nasional serta sebagai salah satu langkah dalam mempertahankan lapangan kerja bagi masyarakat asli Norwegia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.16/14 Isk f
Uncontrolled Keywords: ANTI-IMIGRAN
Subjects: D History General and Old World > DL Northern Europe. Scandinavia
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
WINDA NURLAILY RAFIKALIA ISKANDAR, 070912019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAjar Triharso, Drs., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2014 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 11:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16544
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item