SIKAP PENGGUNA ASKES SOSIAL TERHADAP PELAYANAN ASKES CENTER PT. ASKES (PERSERO)

SUCI RAMADHANIA, 070915078 (2014) SIKAP PENGGUNA ASKES SOSIAL TERHADAP PELAYANAN ASKES CENTER PT. ASKES (PERSERO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhania-30526-6.abstr-k.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Sikap pengguna Askes Sosial terhadap pelayanan Askes Center PT. Askes (Persero). Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena karena PT. Askes (Persero) merupakan perusahaan jasa milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang memiliki peserta asuransi yaitu pengguna Askes yang bersifat wajib, atau secara terpilih menjadi peserta. Berbeda dengan pada perusahaan jasa atau perusahaan asurasi swasta, dimana yang ingin menggunakan jasa asuransi swasta tersebut perlu memilih perusahaan asuransi mana yang akan ia gunakan serta perusahaan swasta tersebut juga turut mencari peserta atau pengguna asuransinya. Namun, demi meningkatkan kualitas serta memenuhi harapan dan kebutuhan konsumennya. PT. Askes (Persero) memberikan pelayanan yang maksimal untuk konsumennya demi memuaskan konsumen dan juga sebagai bukti tanggung jawab PT.Askes (Persero) kepada negara dan masyarakat, sebagai perusahaan BUMN, untuk mensejahterahkan kesehatan seluruh masyarakat. Selain itu, saat ini PT.Askes (Persero) sedang dalam masa perubahaan menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang menuntut Askes unuk memberikan peningkatan pelayanannya. Penelitian berlokasi di Askes Center PT. Askes (Persero) di RSUD Dr. Soetomo Surabaya, dengan menggunakan metode survey dengan studi deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah pengguna Askes Sosial yang pernah atau sedang menggunakan pelayanan Askes Center RSUD Dr.Soetomo Surabaya dan pelayanan Askes Center PT. Askes (Persero) di RSUD Dr. Soetomo sebagai objek penelitiannya. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengambilan sample probabilitas (non probability sampling) dengan cara accidental sampling kepada pengguna PT. Askes (Persero) yang berada di Askes Center. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sikap pengguna Askes Sosial terhadap pelayanan Askes Center PT. Askes (Persero) di RSUD Dr. Soetomo yaitu menyukai pelayanan tersebut. Sikap ini bernilai sangat positif atau sangat baik dengan skor nilai 109,93. Skor ini diperoleh dari perhitungan antara kepercayaan dan evaluasi pengguna Askes Sosial. Skor yang muncul tergolong dalam sikap positif berdasarkan perhitungan dengan skor sikap ideal dan rentang nilai dari nilai maksimal dan minimal, yaitu tepatnya pada range sikap sangat positif atau sangat baik. Hal ini berarti pengguna Askes Sosial sangat menyukai obyek dalam penelitian ini yaitu pelayanan Aseks Center PT. Askes (Persero) di RSUD Dr. Soetomo Surabaya . Dengan demikian apabila diketahui sikapnya positif, maka pengguna Askes Sosial menyatakan setuju, suka, mendukung, serta mengikuti pelayanan Askes Center PT. Askes (Persero) di RSUD Dr.Soetomo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.22/14 Ram s
Uncontrolled Keywords: AKSES CENTER
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SUCI RAMADHANIA, 070915078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuyun W.I. Surya, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 08:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16568
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item