PENGGAMBARAN ANAK-ANAK DALAM PROGRAM TELEVISI ANAK SI BOLANG TRANS7

NOVIA MAGLIGAWATY, 070915002 (2014) PENGGAMBARAN ANAK-ANAK DALAM PROGRAM TELEVISI ANAK SI BOLANG TRANS7. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-magligawat-30536-6.abstr-i.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penggambaran anak-anak dalam program televisi anak-anak Si Bolang TRANS7. Penelitian ini menarik untuk dibahas karena masih terbatasnya penelitian mengenai anak-anak dalam media. Terutama mengenai representasi anak-anak dalam program televisi Indonesia. Terlebih program televisi anak di Indonesia saat ini masih terbatas dan hanya sekitar 2,7-4,5% dari keseluruhan tayangan. Peneliti memilih program televisi Si Bolang karena, dalam program televisi ini menampilkan anak-anak sebagai karakter atau tokoh utamanya. Tidak hanya menjadikan anak-anak sebagai tokoh utama dalam program tersebut, program Si Bolang juga merupakan program televisi anak-anak terbaik yang telah mendapatkan berbagai penghargaan untuk kategori program televisi anak terbaik. Maka dari itu, penelitian ini akan berusaha untuk mendeskripsikan penggambaran anaka-anak dalam program televisi Si Bolang TRANS7. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana anak-anak digambarkan dalam program televisi Si Bolang TRANS7. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Semiotika Fiske untuk menganalinis penggambaran anak-anak pada program televisi Si Bolang melalui tiga level, level realitas, level representasi, dan level ideologi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pertama, anak-anak pada program televisi tersebut ditampilkan sebagai anak laki-laki dan anak perempuan. Anak laki-laki dalam Si Bolang ditampilkan sebagai anak bertubuh kecil dan kurus, berkulit sawo matang. Sedangkan anak perempuan pada program Si Bolang digambarkan sebagai anak bertubuh kurus dan berkulit sawo matang. Anak-anak dalam program televisi Si Bolang, ditunjukkan sebagai anak-anak yang telah mengalami modernisasi dalam hal berpakaian. Kedua, anak-anak dalam program televisi tersebut dalam kesehariannya ditunjukkan lebih dekat dengan alam dan selalu berusaha menjaga kelestarian alam tempat mereka tinggal. Ketiga, Bolang digambarkan sebagai serang anak yang selalu bersikap dewasa dan selalu bersikap bijaksana terlepas dari usianya yang masih anak-anak dan adanya perubahan peran sosial pada anak-anak, selain itu anak-anak dalam program televisi Si Bolang ditunjukkan senang sekali menghabiskan waktu luang mereka dengan bermain. Keempat, penggunaan bahasa daerah dalam program televisi Si Bolang untuk menunjukkan adanya keragaman budaya atau multikulturalisme yang dimiliki oleh Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.30/14 Mag p
Uncontrolled Keywords: SEMIOTIK
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NOVIA MAGLIGAWATY, 070915002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuyun Wahyu Izati Surya, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item