PENERAPAN PROMOTIONAL TOOLS PADA UMKM AMBLE FOOTWEAR

Jangkar Sri Kusumo Bawono, 070915089 (2014) PENERAPAN PROMOTIONAL TOOLS PADA UMKM AMBLE FOOTWEAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-bawonojang-30538-5.abstr-k.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan promotional tools pada UMKM Amble Footwear. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan promotional tools yang dilakukan oleh Amble Footwear. Di samping itu, peneliti juga menyajikan data dan analisis yang terkait dengan kegiatan komunikasi pemasaran, yaitu segmenting, targeting, dan positioning (STP) serta marketing mix yang ditetapkan dan/atau dilakukan Amble Footwear. Penelitian tentang dalam ruang lingkup komunikasi pemasaran ini menarik untuk dilakukan karena karena ada kecenderungan UMKM di Indonesia adalah menunggu konsumen untuk datang dan melakukan pertukaran dengan UMKM tersebut dan monoton dalam melakukan kegiatan pemasaran (Purnomo 2011). Penelitian ini akan menjabarkan bagaimana Amble menerapkan promotional tools, sehingga diharapkan mampu menjadi referensi bagi UMKM lainnya untuk menerapkan promotional tools yang efektif dan efisien. Penelitian yang ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah Owner dan Marketing Communication Manager Amble Footwear karena mereka terlibat langsung dalam penerapan promotional tools pada Amble Footwear. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui in depth interview dan pengamatan dengan dengan unit analisis berupa narasi-narasi kualitatif dari hasil wawancara secara mendalam dengan informan dan dokumen yang dilakukan peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Amble telah menerapkan keenam promotional tools sebagaimana teori Belch & Belch tentang promotional tools tersebut. Di samping itu, peneliti juga menemukan satu alat lain yang dinilai Amble sebagai alat yang efektif dalam kegiatan komunikasi pemasaran, yaitu endorsment. Endorsment memiliki beberapa fungsi yang sama dengan media massa, diantaranya transmission of values dan fungsi informasi. Sehingga, dapat memengaruhi khalayaknya, baik yang bersifat pengetahuan (cognitive), perasaan (affective), maupun tingkah laku (conative) yang dapat membantu Amble dalam mencapai tujuan pemasarannya. Kegiatan dalam promotional tools yang dilakukan oleh Amble tersebut saling berkaitan atau berkorelasi satu sama lain, serta dilakukan secara continue dan konsisten oleh Amble Footwear. Tidak hanya antar promotional tools, korelasi tersebut juga terjadi pada setiap variabel dalam marketing mix dan strategi pemasaran (STP). Promotional tools, marketing mix, dan STP pun juga saling berkaitan satu sama lain demi mencapai tujuan pemasaran, yaitu profit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.31/14 Baw p
Uncontrolled Keywords: MARKETING MIX
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Jangkar Sri Kusumo Bawono, 070915089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIGAK. Satrya Wibawa, S.Sos., MCA.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16576
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item